DetikSepakbola
Jumat 06 April 2018, 23:36 WIB

Terpilih Jadi Relawan Piala Dunia 2018, Jessica Butuh Dana Puluhan Juta

Dony Indra Ramadhan - detikSport
Terpilih Jadi Relawan Piala Dunia 2018, Jessica Butuh Dana Puluhan Juta Setelah diterima menjadi relawan Piala Dunia 2018, Jessica butuh biaya besar. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikSport)
Bandung - Setelah diterima menjadi relawan Piala Dunia 2018, Jessica (23) belum lepas dari masalah. Jessica membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk berangkat dan tinggal sementara di Rusia.

Jessica mengatakan menjadi relawan dalam gelaran akbar tersebut tak seluruhnya dibiayai oleh FIFA, sebagai penyelenggara. Untuk biaya akomodasi menuju ke Rusia, harus mengeluarkan kocek sendiri.

"Dari penyelenggara hanya memberikan penginapan dan makan selama jam kerja. Misalkan aku kerjanya pagi, nah makan yang diberikan itu hanya pagi saja, siang dan malam sendiri," ungkap Jessica kepada detikSport saat ditemui di kampusnya di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA), Jalan Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/4/2018).

Jessica telah menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi dan tinggal sementara di Rusia. Total dana yang harus disediakan mencapai Rp 50 juta. Perinciannya untuk tiket pulang pergi Indonesia-Rusia dan biaya makan saat sedang tidak bertugas.


Kebingungan Jessica masalah dana bertambah. Kemarin malam, pihak FIFA mengirimkan e-mail yang isinya para relawan diwajibkan meng-copy tiket pesawat sebelum tanggal 17 April 2018. Otomatis, Jessica harus membeli tiket dalam waktu dekat.

"Dengan adanya e-mail kemarin, aku juga harus ngitung lagi estimasi biayanya," kata Jessica.

Mencari uang banyak dalam waktu sekejap jelas sulit bagi mahasiswi semester dua jurusan Bahasa Inggris itu. Namun Jessica tak pantang menyerah. Jessica mengharapkan bantuan donatur dengan menggalang dana secara online.

Namun, sejak dibuka pada 25 Maret 2018, baru terkumpul sekitar Rp 2 juta. "Tentu masih jauh dari estimasi awal," kata dia.

Jessica tak putus asa. Dengan waktu yang mepet, dia berujar masih akan berusaha mencari biaya tambahan. Salah satunya dengan cara mengirimkan proposal ke sejumlah perusahaan di Bandung.

"Aku mau coba ngirim ke beberapa perusahaan. Mudah-mudahan diterima proposalnya dan bisa mendapat biaya," dia berharap.


Namun apabila dalam waktu yang ditentukan uang tak terkumpul, Jessica akan berlapang dada gagal menjadi relawan di Rusia. Ia akan menerima segala keputusannya.

"Fair saja, yang penting sudah usaha. Justru jadi penambah semangat saya buat lebih baik lagi ke depannya," kata dia.
(rin/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed