DetikSepakbola
Jumat 27 April 2018, 14:00 WIB

Iniesta Bisa Menang Ballon d'Or Jika Bernama Andresinho

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Iniesta Bisa Menang Ballon dOr Jika Bernama Andresinho Andres Iniesta adala salah satu legenda sepakbola Spanyol (Claudio Villa/Getty Images)
Munich - Kapten Timnas Spanyol, Sergio Ramos, sebal betul terkait fakta Andres Iniesta belum pernah memenangi Ballon d'Or. Cerita akan berbeda jika Iniesta asal Brasil.

Bukan tanpa sebab Ramos berkata demikian mengingat karier Iniesta sebagai pemain terbilang sangat lengkap. Bersama Barcelona, Iniesta sudah meraih 31 trofi di antaranya delapan trofi La Liga dan empat Liga Champions.


Sementara bersama timnas Spanyol, Iniesta adalah bagian tim yang merajai sepakbola dunia sedari tahun 2008 hingga 2012, yang berbuah satu trofi Piala Dunia dan dua Piala Eropa.

Sudah sewajarnya dengan pencapaian seperti itu, Iniesta mendapat penghargaan layaknya Ballon d'Or atau sejenisnya. Tapi sampai saat ini tak satupun mampu didapat Iniesta karena dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.


Iniesta paling mentok cuma masuk tim terbaik FIFA sebanyak delapan kali sedari 2009 hingga 2017. Di Ballon d'Or, Iniesta jadi runner-up di 2010, posisi keempat di 2011, dan tempat ketiga di 2012.

Menurut Ramos, hal ini dikarenakan Iniesta bukan orang Brasil atau Argentina, sehingga sulit meraih Ballon d'Or. Sepanjang sejarahnya, baru dua orang Spanyol yang memenangi award ini yakni Alfredo Di Stefano dan Luis Suarez di era 60-an.

"Jika Andres dipanggil Andresinho, dia mungkin sudah memenangi dua Ballon d'Or," ujar Ramos seperti dikutip Soccerway.




(mrp/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed