DetikSepakbola
Jumat 20 Juli 2018, 00:35 WIB

Enrique Janjikan Evolusi dan Kejutan di Timnas Spanyol

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Enrique Janjikan Evolusi dan Kejutan di Timnas Spanyol Luis Enrique diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Spanyol. (Foto: Susana Vera/Reuters)
Madrid - Luis Enrique baru saja diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru timnas Spanyol. Enrique mengaku akan melakukan evolusi dan membuat sejumlah kejutan.

Pelatih berusia 48 tahun itu ditunjuk sebagai pelatih Spanyol usai kepergian Julen Lopetegui, yang dipecat hanya beberapa hari sebelum Piala Dunia 2018 bergulir.

Pekerjaan menantang dihadapkan pada Enrique. La Furia Roja tengah menurun selepas menjuarai Piala Eropa 2012. Spanyol terdepak di fase grup Piala Dunia 2014, lalu tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018.


Meski begitu, Enrique didukung rekam jejak mentereng selama tiga tahun melatih Barcelona. Dia memodifikasi tiki-taka Blaugrana dan sukses menghasilkan treble kedua pada 2014-15. Total, Enrique mempersembahkan enam trofi mayor untuk Barca yang berupa dua gelar La Liga, tiga Copa del Rey, dan sekali Liga Champions.

"Tidak akan ada revolusi, lebih pada evolusi. Anda bisa mengubah sebuah gaya bermain tanpa menghilangkannya, seperti yang saya lakukan di Barcelona," Enrique mengatakan di Reuters.

"Sepakbola adalah sebuah evolusi yang terus menerus dan kami akan mencoba menerapkan gagasan yang kami punya. Kami bisa memainkan sepakbola yang bagus, agresif, mengendalikan bola, dan menyakini lawan. Itulah hal-hal yang perlu kami perbaiki juga."


Enrique kini memiliki waktu kurang dari dua bulan untuk mempersiapkan skuat Spanyol untuk berlaga di UEFA Nations League. Enrique mengungkapkan adanya kejutan-kejutan.

"Saya tidak sabar untuk mengumumkan skuat pertama saya, akan ada banyak kejutan. Tentu saja. Daftar pertama yang saya susun ada 70 pemain di dalamnya," ungkap Enrique.

"Bagus untuk mereka karena mereka tidak tahu apakah mereka akan masuk atau tidak dan saya belum berbicara kepada satu pemain pun."



(rin/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed