sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 29 Jul 2018 06:10 WIB

Hasil ICC 2018: Liverpool Hantam MU 4-1

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Liverpool melumat Manchester United 4-1 di ICC 2018. (Foto: Rebecca Cook/Reuters)
FOKUS BERITA ICC 2018
Miami - Liverpool kembali meraih kemenangan di laga terakhir International Champions Cup 2018. The Reds menghajar rival domestiknya, Manchester United, 4-1.

Pada pertandingan di Stadion Michigan, yang tuntas Minggu (29/7) pagi WIB, Liverpool menurunkan sebagian besar pemain seniornya sebagai starter. Mohamed Salah, Virgil van Dijk, Sadio Mane tampil sedari awal, begitupun dengan pemain anyar Fabinho. Xherdan Shaqiri juga membuat debutnya dengan masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Sementara MU diperkuat lebih banyak pemain muda. Dari pemain senior, nama-nama seperti Matteo Darmian, Eric Bailly, Juan Mata, Ander Herrera, dan Alexis Sanchez dimainkan dari awal.


The Reds membuka keunggulan lewat penalti Mane sebelum dibalas MU lewat sepakan bebas Andreas Pereira. Skor seimbang bertahan sampai jeda, sebelum Liverpool menggelontorkan tiga gol tambahan lewat Daniel Sturridge, Sheyi Ojo, dan Shaqiri.

Kemenangan ini adalah yang kedua bagi Liverpool di ICC 2018. Sebelumnya, Si Merah menundukkan Borussia Dortmund 1-3. Sementara itu, MU gagal menjaga tren positif usai di laga sebelumnya menang lewat adu penalti. MU akan berhadapan dengan Real Madrid di Rabu (1/8) dinhari.

Peluang emas untuk Liverpool di 10 menit pertama. Sebuah umpan silang James Milner menemui Mohamed Salah, sundulannya membelakangi gawang bisa ditepis kiper MU Lee Grant ke atas mistar.

Liverpool terus membombardir pertahanan MU. Hanya semenit kemudian, Virgil van Dijk meneruskan bola sepak pojok dengan sundulan keras, meski bisa disapu Eric Bailly di garis gawang.

Serangan balasan MU. Umpan terukur Alexis Sanchez kepada Juan Mata diteruskan dengan sepakan melengkung yang bersarang ke sudut atas gawang Liverpool. Sayang, gol dianulir karena offside.

Pelanggaran Demetri Mitchell terhadap Salah menghadiahi Liverpool penalti. Sadio Mane maju sebagai eksekutor untuk mengirim bola ke sudut bawah gawang MU. Liverpool memimpin 1-0 di menit ke-28.

Keunggulan Liverpool hanya seumur jagung. Tiga menit kemudian, MU menciptakan gol balasan dari tendangan bebas Pereira untuk menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Liverpool nyaris menambah golnya di menit-menit akhir babak pertama. Kerjasama Salah dengan Rafael Camacho menghasilkan umpan silang matang, tapi gagal dijangkau Mane.

Saat pertandingan melewati sejam, sebuah bola dari kanan menemui Sanchez yang tidak terkawal di dalam kotak. Namun, sontekannya terlalu lemah.


Liverpool akhirnya berhasil mencetak gol keduanya di menit ke-66. Pergerakan Xherdan Shaqiri membuka ruang tembak bagi Daniel Sturridge, yang meneruskan bola operan dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang MU. Liverpool kembali unggul 2-1.

Penalti untuk Liverpool usai Ander Herrera mengganjal Andrew Robertson. Maju sebagai algojo, Sheyi Ojo sukses mengirim Joel Pereira ke arah yang salah sehingga keunggulan Liverpool bertambah menjadi 3-1 di menit ke-74.

Pertahanan bagus dari Liverpool saat memblok usaha Sanchez dari dalam kotak penalti. Bola sepak pojok MU bisa diamankan.

Unggul dua gol tak membuat Liverpool mengendurkan serangannya. Di 10 menit terakhir, Liverpool menggenapkan dominasinya atas MU setelah Shaqiri menyelesaikan sebuah umpan silang dengan tembakan salto dari depan gawang. Liverpool 4, MU 1.



Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: Grant (Joel Pereira 46'), Darmian, Fosu-Mensah, Bailly, Tuanzebe (Williams 81'), Mitchell (Chong 71'), McTominay, Ander Herrera (Bohui 81'), Andreas Pereira, Mata (Fred 71'), Sanchez (Angel Gomes 81')

LIVERPOOL: Grabara (Kelleher 46'), Klavan (Phillips 46'), Van Dijk (Gomez 46'), Moreno (Jones 65'), Milner (Chirivella 65'), Lallana (Woodburn 46'), Fabinho, Rafael Camacho (Grujic 67'), Salah (Shaqiri 46'), Mane (Ojo 46'), Solanke menambahkan. (rin/ran)
FOKUS BERITA ICC 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com