DetikSepakbola
Rabu 01 Agustus 2018, 18:23 WIB

Obama Diklaim Bahas Pemecatan Lopetegui dari Timnas Spanyol

Kris Fathoni W - detikSport
Obama Diklaim Bahas Pemecatan Lopetegui dari Timnas Spanyol Julen Lopetegui, kini melatih Real Madrid, dipecat timnas Spanyol tepat sebelum Piala Dunia 2018 (Foto: Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images)
Madrid - Barack Obama, presiden Amerika Serikat ke-44, diklaim sempat membahas soal Julen Lopetegui yang dipecat sebagai pelatih timnas Spanyol sebelum Piala Dunia 2018.

Klaim itu dilontarkan oleh Presiden Federasi Sepakbola Spanyol Luis Rubiales. Pada musim panas lalu tindakan Rubiales memecat Lopetegui memicu pro dan kontra karena momennya yang mepet dengan kick-off Piala Dunia 2018.


Pemecatan terjadi beberapa saat setelah Lopetegui diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid selepas Piala Dunia 2018. Di mata Rubiales, pengumuman itu melanggar etika dan nilai-nilai kepantasan. Pemecatan pun dilakukan.

Nah, Rubiales mengindikasikan bahwa topik pemecatan Lopetegui dari posisi pelatih timnas Spanyol menjadi salah satu pembahasan Obama saat datang liburan ke Spanyol bersama keluarganya.
"Yang mengejutkan adalah bahwa ia ternyata tahu lebih daripada dugaan saya," kata Rubiales kepada radio Cadena Cope yang dikutip ESPN FC.

"Ada pembahasan mengenai hal tertentu, dengan dirinya mengatakan bahwa keputusan-keputusan di Amerika Serikat punya nuansa patriotik sementara di sini (Spanyol) ada keputusan lebih sulit yang harus diambil, kira-kira seperti itu. Maksud dirinya, tidak berbuat apa-apa secara umum memunculkan kritikan dan penolakan lebih minim, tapi terkadang Anda memang harus bertindak."

"Dan menurut saya, hal itu sesuai dengan keputusan yang sebelumnya harus kami ambil. Saya tak pernah meragukan keputusan saya, saya sudah menegaskan bahwa itu adalah perkara nilai, filosofi... tapi saya menghormati semua sudut pandang," tuturnya.



(krs/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed