DetikSepakbola
Jumat 07 September 2018, 00:26 WIB

Nol Gol di Piala Dunia 2018, Giroud: Aku Menentukan dengan Cara yang Lain

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Nol Gol di Piala Dunia 2018, Giroud: Aku Menentukan dengan Cara yang Lain Foto: Michael Dalder/Reuters
Paris - Olivier Giroud membela diri usai tidak mencetak satu gol pun saat Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Giroud tetap menentukan, tapi dengan cara yang lain.

Dua penyerang Prancis lainnya, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe sukses mencetak masing-masing empat gol. Namun demikian, Giroud nyatanya hampir tidak pernah absen dari starting XI.

Statistik Giroud toh tidak dipusingkan pelatih Didier Deschamps. Deschamps pernah menegaskan bahwa kehadiran Giroud justru penting untuk gaya main timnya.


Nol gol Giroud mengingatkan pada Prancis saat menjadi juara dunia 20 tahun silam. Ketika itu dalam asuhan Aime Jacquet, striker Les Bleus Stephane Guivarc'h juga sama sekali tidak mencetak gol.

"Itu adalah hasil-hasil yang penting dalam rasa frustrasi yang kecil, tapi bagian yang besar dipenuhi dengan titel juara. Usaha kolektif lebih diutaman dari individual kok," papar Giroud kepada Le Parisien, yang dikutip FourFourTwo.


"Aku sering harus melakukan sedikit pekerjaan yang berbeda, membuat pengorbanan untuk tim agar mempertahankan keunggulan. Faktanya, Anda memiliki lebih sedikit energi untuk menentukan di sepertiga akhir."

"Selain melawan Belgia di babak kedua, aku tidak ingat lagi kapan sering buang-buang peluang. Aku bahkan mencetak dua assist lho."

"Meski tidak mencetak gol, aku tidak sulit tidur. Di jalan, orang-orang mengatakan padaku: bahkan ketika kamu tidak mencetak gol pun, kamu tetap penting. Kami mungkin saja tidak menjadi juara dunia kalau aku mencetak gol. Statistik bisa digunakan untuk apapun dan semuanya. Aku menentukan dengan cara yang lain," simpul Giroud.



(rin/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed