Jerman Sedang Tidak Percaya Diri

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 14 Okt 2018 10:51 WIB
Jerman kalah telak 0-3 dari Belanda di laga UEFA Nations League. (Foto: Piroschka Van de Wouw/REUTERS)
Jakarta - Jerman kalah telak saat menghadapi Belanda di UEFA Nations League. Tampil dominan tapi justru dihajar, kepercayaan diri jadi masalah Jerman.

Jerman kalah 0-3 saat menghadapi Belanda di Johan Cruyff Arena, Minggu (14/10/2018) dinihari WIB. Die Mannschaft dijebol oleh Virgil van Dijk, Memphis Depay, Georginio Wijnaldum.




Skuat besutan Joachim Loew sejatinya tampil dominan, menguasai bola hingga 59,5%. Namun penyelesaian akhir yang tak efisien dihukum tuan rumah.

Jerman punya 21 tembakan, empat di antaranya tepat target. Sementara Belanda cuma punya 14 percobaan, lima mengarah ke gawang dan satu membentur mistar gawang.

Loew menyebut kekalahan ini bukan semata karena penyelesaian serangan yang buruk. Gol pertama Belanda di menit ke-30 disebutnya memukul telak mental para pemain sehingga tampil tak percaya diri.


Baca juga: Jerman Oh Jerman


"Ini bukan soal menuntaskan peluang-peluang. Kami bermain oke kok sampai kebobolan dan kami tak memaksimalkan peluang-peluang kami," kata Loew dikutip Sky Sports.

"Setelah kebobolan, Anda bisa melihat bahwa hasil-hasil belakangan ini menuntun kami ke kurangnya kepercayaan diri," imbuhnya.

Jerman tampil buruk di Piala Dunia 2018 lalu, tersingkir di fase grup dan jadi guru kunci di bawah Swedia, Meksiko, dan Korea Selatan. Selepas Piala Dunia, Jerman menjalani tiga laga termasuk melawan Belanda dengan hasil satu kemenangan, satu kali imbang, dan sekali kalah.




Berikutnya Jerman akan bertandang ke Prancis di lanjutan UEFA Nations League, Rabu (17/10/2018). Saat ini Jerman berada di posisi dasar Grup 1 Liga A dengan satu poin, di belakang Prancis (4) dan Belanda (3). (raw/raw)