Lawan Prancis, Neuer Tetap Starter

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 16 Okt 2018 02:16 WIB
Manuel Neuer tetap jadi kiper utama Timnas Jerman (Charles Platiau/Reuters)
Paris - Kritik terus berdatangan ke arah Manuel Neuer. Tapi, itu tak membuat Neuer kehilangan posisinya sebagai kiper utama timnas Jerman.

Hal itu dikatakan pelatih Jerman, Joachim Loew, dalam konferensi pers jelang duel dengan Prancis di laga ketiga Liga A Grup 1 UEFA Nations League yang dihelat di Stade de France, Rabu (17/10/2018) dinihari WIB besok. Pernyataan Loew ini sekaligus mengakhiri polemik soal siapa yang pantas menjadi kiper utama Jerman.

Pasalnya Neuer tengah disorot usai performa buruknya sejak Piala Dunia 2018 dan makin menjadi-jadi ketika Jerman kalah 0-3 dari Belanda akhir pekan kemarin. Kekalahan ini makin menipiskan peluang Jerman lolos ke semifinal.






Melihat Neuer yang belum kembali pada performa terbaiknya usai cedera panjang musim lalu, publik meminta Loew untuk mulai mempercayakan Marc-Andre Ter Stegen di bawah mistar. Pasalnya, Ter Stegen dinilai bermain apik dan sudah pantas menggeser Neuer.

"Kami akan mengubah taktik karena kami begitu kesulitan menghadapi serangan balik Belanda, dan itu sangat penting karena Prancis lebih kuat lagi," ujar Loew seperti dikutip FourFourTwo.

"Kami ingin bermain dengan keberanian saat menghadapi juara dunia. Tentunya kami harus mengubah dari sisi pemain sendiri usai kekalahan 0-3 kemarin. Satu-satunya yang pasti adalah Manuel Neuer bakal jadi starter," sambungnya.






"Kekalahan dari Belanda begitu menyakitkan; untuk saya, pemain, staf, dan fans, tapi itu memang tidak begitu mengejutkan saya."

"Kami sedang memulai proses baru setelah Piala Dunia dan ada langkah-langkahnya. Kami tampil bagus di 30 menit awal kontra Belanda, tapi kami tidak pede dan itu terlihat," tutupnya.



(mrp/raw)