sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 16 Nov 2018 00:28 WIB

Gerrard Belajar Banyak dari Klopp

Redzi Arya Pratama - detikSport
Steven Gerrard belajar banyak dari Juergen Klopp. (Foto: Ian MacNicol/Getty Images) Steven Gerrard belajar banyak dari Juergen Klopp. (Foto: Ian MacNicol/Getty Images)
Glasgow - Steven Gerrard terlihat menjanjikan sebagai manajer klub Skotlandia, Rangers. Gerard mengaku belajar banyak dari manajer Liverpool Juergen Klopp.

Gerrard memutuskan gantung sepatu pada November 2016 setelah melewat nyaris 20 tahun karier bersama Liverpool dan Los Angeles Galaxy. Selang dua bulan setelah pensiun, ia diangkat menjadi pelatih tim muda Liverpool.

Pada April lalu, Gerard resmi melakoni debutnya sebagai manajer tim senior setelah ditunjuk Rangers pada April lalu. Di bawah arahan Gerrard, Rangers hanya dua kali kalah dalam 12 pertandingan pertama sehingga duduk di peringkat ketiga klasemen, di bawah Celtic dan Hearts.


Alhasil, Gerrard pun mulai digadang-gadang sebagai manajer muda berbakat. Ada pengaruh besar Klopp di dalam karier Gerrard.


"Saya seperti spons, menonton dan belajar (dari Klopp). Saya menonton dia dari televisi dan melihat bagaimana dia mengatasi situasi. Saya memang tak akan bisa menjadi Juergen dengan karisma dan energinya," tutur Gerrard kepada Guardian.

"Tapi, jika saya bisa mengambil sedikit sesuatu dari dia, itu akan sangat membantu. Dan setiap saya mengirim pesan, menelpon, atau bertemu, Juergen selalu punya waktu untuk saya," sambung eks gelandang timnas Inggris itu.

"Juergen sangat hebat dalam melepas emosinya. Ketika laga berjalan dia bisa sangat emosional. Tapi, ketika berakhir ia mampu memarkir emosi tersebut dengan baik. Karena itu ia luar biasa dalam mengatasi tekanan. Setelah laga final dan kekecewaan besar, ia adalah yang pertama memulai pesta," Gerrard menambahkan.


(rin/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed