DetikSepakbola
Jumat 16 November 2018, 04:57 WIB

Batshuayi Menangkan Belgia atas Islandia di Laga UEFA Nations League

Redzi Arya Pratama - detikSport
Batshuayi Menangkan Belgia atas Islandia di Laga UEFA Nations League Belgia mengalahkan Islandia 2-0 di pertandingan UEFA Nations League. (Foto: Francois Lenoir/Reuters)
Brussels - Belgia berhasil mengalahkan Islandia 2-0 dalam laga UEFA Nations League. Michy Batshuayi menjadi aktor utama dengan memborong semua gol timnya.

Pada laga Liga A Grup 2 yang dihelat di King Baudouin Stadium, Jumat (16/11/2018) dini hari WIB, Belgia tampil agresif. Hampir sepanjang laga Eden Hazard dkk menguasai penguasaan bola dan terus membuat peluang.

Meski begitu, Islandia berhasil meredam Belgia di sepanjang babak pertama. Kebuntuan Belgia baru berakhir di menit ke-65 lewat gol Batshuayi, dan memastikan kemenangan Belgia dengan golnya di menit ke-81.

Hasil ini membuat Belgia memimpin klasemen sementara dengan 9 poin. Sementara Islandia diposisi buncit dan belum mendapat satu poin pun di grup.

Jalannya Pertandingan

Babak pertama berjalan satu arah. Belgia benar-benar menguasai penguasaan bola sejak kick-off. Eden Hazard dkk bermain agresif.

Memainkan formasi 3-4-3, serangan dari kedua sisi sayap sangat sering dipraktikkan Rod Duivels. Thomas Meunier beberapa kali menusuk dan melakukan umpan silang, tapi tak ada satu pun yang berbuah manis.

Hazard bersaudara, Thorgan dan Eden juga menjadi sumber kreativitas Belgia pada laga ini. Sama-sama bermain di sisi kiri, keduanya kerap menusuk dan mengancam.

Kesempatan emas pertama Belgia datang pada menit ke-18. Berawal dari umpan tarik Dries Mertens, tembakan Michy Batshuayi masih mengenai tiang gawang.

Hazard juga membuat peluang di menit ke-35. Tapi, sepakan kerasnya masih bisa diselamatkan oleh kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson. Selang dua menit giliran tendangan salto Batshuayi mampu diselamatkan Halldorsson. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak kedua, Belgia semakin gencar melakukan serangan. Mertens dan Hazard menjadi dua pemain yang paling bekerja keras mencari celah membongkar lini belakang Islandia.

Namun, tak ada peluang yang benar-benar nyata hingga usaha Belgia berbuah hasil di menit ke-65.

Berawal dari umpan akurat Meunier, Batshuayi yang berada di posisi tepat hanya tinggal menyentuh bola hingga masuk ke gawang Islandia. Belgia pun unggul 1-0.

Belgia menguasai pertandingan, tapi Islandia nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-78. Albert Gudmundsson berada di posisi nyaman untuk mencetak gol, tapi Thibaut Courtois berhasil membuat penyelamatan gemilang.

Gol kedua Belgia akhirnya tercipta di menit ke-81. Batshuayi lagi-lagi menjadi pencetak golnya. Ia kembali berada di posisi dan waktu yang tepat untuk mencecar bola muntah hasil tembakan Hans Vanaken.


Susunan Pemain
Belgia: Courtois; Boyata, Kompany (Denayer 84'), Alderweireld; Thorgan, Witsel, Tielemans, Meunier; Hazard (Vanaken 75'), Batshuayi, Mertens (Januzaj 75')

Islandia: Halldorsson; Magnusson, Arnason, Fjoluson, Ingason; Skulason, Gunnarsson, Palsson, Sigurdsson (Sigthorsson 64'); Traustason, Gudmundsson (Thorsteinsson 87')
(rin/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed