DetikSepakbola
Sabtu 17 November 2018, 12:57 WIB

Singa Oranye Mengaum Lagi

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Singa Oranye Mengaum Lagi Timnas Belanda mulai membaik usai terpuruk dua tahun terakhir (Toussaint Kluiters/REUTERS)
Rotterdam - Belanda sepertinya sudah bisa melupakan keterpurukan mereka dalam dua tahun terakhir ini. Penampilan lawan Prancis jadi bukti Singa Oranye mengaum lagi.

Belanda begitu terpuruk usai finis posisi ketiga di Piala Dunia 2014. Regenerasi yang lambat membuat persepakbolaan di negara itu terjun bebas.

Masih mengandalkan bintang-bintang tuanya, Belanda gagal melaju ke Piala Eropa 2016 yang mana hal itu berlanjut di kualifikasi Piala Dunia 2018. Diwarnai beberapa pergantian pelatih, De Oranje hancur total di kualifikasi dan urung tampil di Rusia.

Absen di dua turnamen besar beruntun membuat pemangku kepentingan sepakbola di sana berbenah. Para pemain uzur mulai ditinggalkan dan Ronald Koeman yang kenyang pengalaman di Premier League ditunjuk untuk menangani tim Belanda yang lebih segar saat ini.

Di tangan Koeman, Belanda memang tak langsung moncer karena dia butuh penyesuaian taktik dan juga seleksi pemain yang dianggap pas untuk konsep permainannya. Pelan tapi pasti, Belanda mulai membaik lagi permainannya sedari awal tahun ini.

Meski kalah 0-1 dari Inggris pada laga debut Maret lalu, Koeman lantas menjalani delapan laga selanjutnya dengan torehan empat kemenangan, tiga seri, dan satu kekalahan.







Dua dari empat kemenangan Koeman terhitung penting karena itu diraih di ajang UEFA Nations League. Setelah mengalahkan Jerman 3-0 Oktober lalu, Belanda tampil apik saat menekuk juara dunia Prancis 2-0 di De Kuip, Sabtu (17/11/2018) dinihari WIB tadi.

Gol-gol kemenangan dibuat Gini Wijnaldum dan penalti Memphis Depay yang sekaligus menjaga kans Belanda lolos ke semifinal. Belanda kini ada di posisi kedua klasemen dan hanya butuh hasil imbang kontra Jerman di laga terakhir untuk menggeser Prancis dari posisi teratas.

"Kami sudah menunjukkan bahwa kami bisa bangkit setelah terpuruk, tapi saya tidak mengira kami bisa tampil sebaik ini selama 90 menit," ujar Koeman seperti dilansir Reuters.

"Saya sendiri tidak mengira tim ini bisa sebaik ini membaca pertandingan. Kami sudah tunjukkan malam ini bahwa kami sudah melakukan langkah luar biasa. Dari awal hingga akhir, kami bermain sangat baik," sambungnya.





Tonton juga 'Duo Liverpool Bawa Belanda Cukur Jerman 3-0 ':

[Gambas:Video 20detik]

Singa Oranye Mengaum Lagi

(mrp/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed