DetikSepakbola
Rabu 21 November 2018, 05:08 WIB

Hasil Laga Uji Coba: Gol di Injury Time Menangkan Italia atas AS

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Hasil Laga Uji Coba: Gol di Injury Time Menangkan Italia atas AS Italia menang 1-0 atas Amerika Serikat dalam pertandingan uji coba (Foto: Claudio Villa/Getty Images)
Genk - Italia meraih kemenangan tipis 1-0 atas Amerika Serikat dalam pertandingan uji coba. Gol tunggal Italia diciptakan Matteo Politano di injury time.

Dalam pertandingan di Luminus Arena, Genk, Belgia, Rabu (21/11/2018) dini hari WIB, Italia tanpa sejumlah pemain utamanya. Nama-nama seperti Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, Alessandro Florenzi, Jorginho, sampai Giorgio Chiellini telah dipulangkan ke klub masing-masing.

Roberto Mancini menurunkan tim dengan kombinasi antara pemain senior dan wajah-wajah baru. Gelandang Stefano Sensi diberi kesempatan debut, sementara Kevin Lasagna untuk pertama kalinya jadi starter di timnas senior Italia.

Italia tampil begitu dominan atas AS. ESPN FC mencatat penguasaan bola Gli Azzurri mencapai 73% dengan 17 tembakan yang enam di antaranya mengarah ke gawang.

Meski demikian, buruknya penyelesaian akhir membuat Italia tak kunjung mencetak gol. Di menit-menit awal, Federico Chiesa sudah dapat dua peluang, tapi tak menghasilkan gol.


Bonucci juga menyia-nyiakan kans bagus usai Italia mendapat tendangan bebas pada menit ke-18. Sensi melambungkan bola dan diteruskan Bonucci dengan sepakan dari jarak dekat. Namun upaya Bonucci itu masih mengarah tepat ke kiper AS, Ethan Horvath.

Sepakan Domenico Berardi yang mengarah ke pojok atas gawang memaksa Horvath melakukan penyelamatan. Kiper berusia 23 tahun itu kemudian juga menepis tendangan bebas Marco Verratti.

Peluang untuk Italia kembali terbuang usai sepakan Lasagna mengarah tepat ke Horvath. Striker Udinese itu mendapat peluang usai menerima bola umpan panjang dari Bonucci.

Kalah dominan, AS justru nyaris mengejutkan Italia di menit ke-65. Berawal dari sebuah tendangan bebas, Walker Zimmerman melepaskan diri dari kawalan pemain Italia dan menanduk bola. Namun Salvatore Sirigu masih bisa menghalau bola.


Horvath kembali menggagalkan peluang Italia usai menghalau tendangan Grifo. Lasagna juga lagi-lagi menyia-nyiakan peluang dalam situasi satu lawan satu usai tendangannya mengarah tepat ke Horvath.

Italia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-94 lewat kerja sama apik di depan kotak penalti AS. Politano mengawali dan menuntaskan kerja sama yang dibangun di depan kotak penalti AS.

Gol ini berawal dari Politano yang bergerak di depan kotak penalti dan kemudian mengoper kepada Verratti. Verratti menyodorkan bola kepada Gagliardini yang ada di kotak penalti. Gagliardini langsung mengoper kepada Politano yang bergerak masuk ke kotak penalti dan kemudian menuntaskannya dengan sepakan kaki kanan.

Susunan Pemain

Italia: Sirigu; De Sciglio, Bonucci, Acerbi, Emerson; Barella (Gagliardini 76), Sensi, Verratti; Chiesa (Grifo 46), Lasagna (Politano 87), Berardi (Kean 62)

AS: Horvath; Carter-Vickers, Zimmerman, Long; Cannon (Villafana 75), Delgado (Trapp 62), Adams, Acosta (Lletget 83), Moore; Pulisic (Gall 83), Sargent (Wood 62)



(nds/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed