sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 05:38 WIB

Menang Lewat Perpanjangan Waktu, River Plate Juara Copa Libertadores

Doni Wahyudi - detikSport
River Plate juara Copa Libertadores (Denis Doyle/Getty Images) River Plate juara Copa Libertadores (Denis Doyle/Getty Images)
Madrid - Drama panjang final Copa Libertadores akhirnya berakhir. Lewat pertandingan yang juga berjalan dramatis, River Plate juara setelah menang 3-1 atas Boca Junior di leg 2.

Dalam pertandingan leg kedua yang dilangsungkan di Santiago Bernabeu, Senin (10/12/2018) dinihari WIB, River Plate menang 3-1 setelah bertarung selama 120 menit. Hasil ini membuat River Plate unggul agregat 5-3 atas Boca Juniors setelah pada leg pertama kedua tim berimbang 2-2.

Kemenangan River Plate di leg kedua ini didapat dengan susah payah karena mereka justru tertinggal lebih dulu. Di menit 44 Dario Benedetto mencetak gol yang membuat Boca unggul 1-0.



Lucas Pratto kemudian membuat River Plate kembali dalam posisi sama kuat setelah mencetak gol di menit 67. Skor 1-1 (agregat 3-3) bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Ini membuat laga harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Kemalangan Boca dimulai di menit 92, saat mereka kehilangan satu orang pemainnya. Wilmar Barrios dapat kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan.

Bermain dengan 10 orang membuat Boca kesulitan. River Plate memanfaatkan kondisi ini dengan mencetak gol kedua mereka di menit 109. Adalah Juan Quintero yang membuat River Plate gantian memimpin.

Karena alasan keamanan, pertandingan leg kedua final Copa Libertadores dilangsungkan di Santiago Bernabeu Karena alasan keamanan, pertandingan leg kedua final Copa Libertadores dilangsungkan di Santiago Bernabeu Foto: Denis Doyle/Getty Images


Kemenangan River Plate akhirnya dipastikan di menit 120. Gonzalo Martinez mencetak gol untuk membuat River Plate memenangi Superclasico dan berhak atas titel juara Copa Libertadores musim ini.


Setelah leg pertama digelar di kandang Boca Junior pada 12 November, laga leg kedua sempat tertunda sampai dua kali. Faktor keamanan menjadi penyebab dilakukannya penundaan tersebut. Sampai pada akhirnya disepakati kalau leg kedua dilangsungkan di luar Argentina, di mana Santiago Benabeu pada akhirnya dipilih sebagai 'kandang' untuk River Plate.

Susunan Pemain

River Plate (4-1-4-1): Franco Armani; Gonzalo Montiel ('73 Camilo Mayada), Jonathan Maidana, Javier Pinola, Milton Casco; Leonardo Ponzio ('59 Juan Quintero); Ignacio Fernandez ('111 Bruno Zuculini), Enzo Perez, Exequiel Palacios ('97 Julian Alvarez), Gonzalo Martinez; Lucas Pratto.

Boca Juniors (4-3-3): Esteban Andrada; Julio Buffarini ('111 Carlos Tevez), Carlos Izquierdoz, Lisandro Magallan, Lucas Olaza; Nahitan Nandez, Wilmar Barrios, Pablo Perez ('89 Fernando Gago); Sebastian Villa ('96 Leonardo Jara), Cristian Pavon, Dario Benedetto ('62 Ramon Abila)


Saksikan juga video ' Ketika Bus Boca Juniors Diserang, Final Copa Libertadores Ditunda':

[Gambas:Video 20detik]

(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com