sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 17 Des 2018 17:07 WIB

Matthijs De Ligt Menangi Gelar Golden Boy 2018

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Mattihjs De Ligt memenangi penghargaan Golden Boy 2018. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Jakarta - Bek muda Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt memenangi penghargaan Golden Boy 2018. De Ligt menyisihkan pemain-pemain lain seperti Justin Kluivert dan Trent Alexander-Arnold.

De Ligt, 19 tahun, tampil menawan bersama Ajax dan timnas Belanda tahun ini. Di level klub, ia telah dipercaya menjadi kapten meski usianya tergolong masih belia. Kepercayaan tersebut dibalas oleh De Ligt dengan memimpin De Godenzonen melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

Sementara dengan timnas Belanda, De Ligt mulai menjadi andalan utama Ronald Koeman untuk mengawal jantung pertahanan. Ia tercatat telah mengemas 13 penampilan untuk De Oranye.


Penghargaan Golden Boy diraih De Ligt usai memenangi persaingan melawan empat kandidat lainya yaitu Kluivert (AS Roma/Belanda), Alexander-Arnold (Liverpool/Inggris), Vinicius Junior (Real Madrid/Brasil), dan Patrick Cutrone (AC Milan/Italia).

De Ligt menjadi pemain Belanda kedua yang mampu meraih penghargaan ini setelah Rafael van der Vaart pada edisi pertama di tahun 2003.


Sejak di gelar pada 2003, Golden Boy Award telah diraih beberapa pemain top seperti Wayne Rooney, Lionel Messi, Sergio Aguero dan Paul Pogba.

Tahun lalu, Kylian Mbappe (19 tahun) menjadi pemain berhak meraih penghargaan tersebut. Namun tahun ini secara mengejutkan Mbappe tak masuk nominasi.

Golden Boy Award adalah penghargaan tahunan yang diadakan oleh media Italia, Tuttosport. Penghargaan ini diberikan kepada pemain di bawah usia 21 yang tampil paling menawan di Liga-Liga Eropa. (rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com