DetikSepakbola
Sabtu 05 Januari 2019, 02:54 WIB

Teruslah Mainkan Pemain Muda Italia, Mancini

Redzi Arya Pratama - detikSport
Teruslah Mainkan Pemain Muda Italia, Mancini Roberto Mancini saat melatih timnas Italia. (Foto: Claudio Villa/Getty Images)
Jakarta - Sejak menjadi pelatih timnas Italia, Roberto Mancini sangat sering memberi kesempatan pemain belia. Keputusan itu didukung oleh seniornya, Marcello Lippi.

Kiprah Mancini bersama timnas memang masih belum memuaskan. Sudah sembilan laga memimpin tim, Gli Azzurri hanya mampu tiga kali menang yakni melawan Arab Saudi, Polandia, dan Amerika Serikat.

Mantan pelatih Manchester City itu terlihat masih mencari formasi dan susunan pemain terbaik demi bisa melaju ke Piala Eropa 2020.

Kepercayaan Mancini kepada pemain muda menjadi pembeda dia dengan pelatih-pelatih terdahulu. Cukup banyak pemain belia yang dipanggil Mancini ke timnas. Hal ini dipuji oleh Lippi yang sekarang melatih Timnas China.

"Saya suka Italia versi Mancini. Roberto bekerja sangat bagus dengan memilih fokus pada para pemain muda. Ia bahkan meminta klub-klub untuk memberikan ruang lebih kepada mereka (pemain muda). Itu sama dengan filosofi saya di China," ungkapnya kepada La Nazione dikutip Football Italia.




"Contohnya jelas terlihat pada (Nicolo) Zaniolo. Setelah Mancini memanggil pemain berbakat ini, dia langsung mendapat kesempatan lebih besar di Roma," tambah dia.

Zaniolo dipanggil timnas senior 1 September lalu, untuk UEFA Nations League melawan Polandia dan Portugal. Dia memang belum dimainkan pada dua laga itu. Tapi, di akhir bulan yang sama, Roma langsung memberikannya debut di Liga Champions (vs Real Madrid) dan Liga Italia (vs Frosinone).

Lippi yakin kepercayaan Mancini kepada pemain muda akan berbuah hasil positif. Apalagi, Zaniolo bukan pemain belia pertama yang dipanggil ke timnas senior arahan Mancini.

"Kemudian ada Federico Chiesa, Nicolo Barella, Lorenzo Pellegrini, Bryan Cristante, yang semuanya punya prospek sempurna. Ada pemain berkualitas di luar sana, tapi mereka harus dipercaya untuk bermain lebih banyak. Hasilnya akan datang untuk Azzurri, saya yakin itu," tutur Lippi.



(cas/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed