sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2019 16:31 WIB

Teriakan Suporter (Wanita) Iran di Piala Asia 2019

Yanu Arifin - detikSport
Suporter wanita Iran mendukung negaranya menghadapi Yaman di Stadion Mohamed bin Zayed, Abu Dhabi, Senin (7/1/2019). (Foto: Khaled DESOUKI / AFP) Suporter wanita Iran mendukung negaranya menghadapi Yaman di Stadion Mohamed bin Zayed, Abu Dhabi, Senin (7/1/2019). (Foto: Khaled DESOUKI / AFP)
Abu Dhabi - Timnas Iran tengah berjuang di Piala Asia 2019. Dukungan banyak diberikan pada Tim Meli, di antaranya dari para suporter wanitanya.

Iran tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Yaman. Pada laga perdana melawan Yaman di Stadion Mohammed bin Zayed, Abu Dhabi, Senin (7/1/2019), Iran menang 5-0.




Dalam laga itu, banyak dukungan diberikan kepada Iran. Di tribun stadion, ribuan suporternya mendukung tim besutan Carlos Queiroz tersebut.

Ada pemandangan menarik di antara suporter-suporter Iran tersebut. Untuk pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir, ada suporter wanita Iran di ajang Piala Asia.

Beberapa suporter wanita tampak lepas dan merdeka bisa menyaksikan langsung Iran di dalam stadion. Mereka duduk berbaur dengan suporter pria, dengan wajah dicat warna bendera Iran, plus membentangkan bendera negaranya.


Suporter wanita Iran membentangkan bendera saat menyaksikan Iran vs Yaman di Piala Asia 2019.Suporter wanita Iran membentangkan bendera saat menyaksikan Iran vs Yaman di Piala Asia 2019. Foto: Khaled DESOUKI / AFP



Suporter wanita Iran berbaur dengan pria di dalam stadion Mohamed bin Zayed, Senin (7/1/2019).Suporter wanita Iran berbaur dengan pria di dalam stadion Mohamed bin Zayed, Senin (7/1/2019). Foto: Khaled DESOUKI / AFP


Iran sebelumnya memang memberlakukan larangan pada wanita untuk menonton pertandingan sepakbola di stadion. Itu ditetapkan pada 1979 pasca Revolusi Islam pimpinan Ayatollah Khoemeini. Wanita Iran sempat dilarang menonton sepakbola putra karena dianggap menyaksikan aurat pria.




Pada 2018, Iran menghapus larangan tersebut. Beberapa suporter wanita mulai mendatangi stadion, di antaranya untuk menyaksikan pertandingan.

Saat Iran menghadapi Bolivia di Azadi Stadium, misalnya, 16 Oktober 2018, ratusan perempuan memasuki stadion untuk pertama kalinya dengan senyum semringah sebab bisa merasakan atmosfer pertandingan sepakbola secara langsung di stadion.

Di level Asia, beberapa suporter Iran juga sempat menyaksikan final Liga Champions Asia antara klub Persepolis vs Kashima Antlers. Dan kini, para suporter wanita Iran mendukung langsung Alireza Beiranvand dkk berlaga di Piala Asia 2019.


(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed