sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 15:11 WIB

Klausul-Klausul Aneh dalam Sepakbola

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Ada klausul-klausul aneh dalam kontrak pemain. Foto: Alex Davidson/Getty Images Ada klausul-klausul aneh dalam kontrak pemain. Foto: Alex Davidson/Getty Images
FOKUS BERITA Bursa Transfer 2019
Jakarta - Transfer pemain merupakan hal yang umum di sepakbola. Namun, di dalam kontrak-kontrak yang disepakati, tidak jarang ditemukan klausul-klausul yang tidak lumrah.

Saat ini sepakbola Eropa sedang memasuki bursa transfer musim dingin. Biasanya, aktivitas klub tidak segencar di musim panas meskipun tidak menutup kemungkinan transfer pemain besar terjadi.

Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona), Virgil van Dijk (dari Southampton ke Liverpool) adalah sedikit dari nama-nama pemain yang pindah pada bursa Januari tahun lalu. Sementara itu saat ini transfer yang paling ditunggu adalah kepindahan Gonzalo Higuain ke Chelsea.

Dikutip dari Sky Sports, buku berjudul Done Deal, yang ditulis oleh pengacara sepakbola Daniel Greey, mengungkap dunia transfer. Salah satu aspek diungkap adalah adanya klausul-klausul aneh yang disematkan dalam kontrak pemain.

Berikut klausul-klausul yang bikin geleng-geleng kepala terdapat dalam kontrak pemain, termasuk klausul aneh transfer Neymar ke Barcelona.

- Rolf-Christel Guie-Mien dilaporkan meminta Eintracht Frankfurt untuk membayar kelas memasak istrinya. Pesepakbola Kongo yang kini sudah pensiun itu pindah ke Frankfurt dari Karlsruher pada 1999.

- Sunderland menyematkan sebuah ketentuan yang melarang pesepakbola internasional Swiss Stefan Schwarz untuk melakukan perjalanan ke antariksa. Schwarz pada akhirnya pensiun pada 2003 setelah empat tahun bersama Black Cats.

- Di 2002, di tengah ancaman konflik militer di Irak, manajer Bernd Stange menuntut klausul rilis dari Federasi Sepakbola Irak, andai perang meletus. Dan benar saja, perang akhirnya terjadi sehingga Stange pun pergi.

- Stig Inge Bjornebye direkrut Liverpool dari Rosenborg pada 1992. Eks pesepakbola Norwegia itu dilarang mengikuti jejak sang ayah yang merupakan atlet ski Olimpiade. Liverpool melarang keras Bjornebye untuk ber-ski ketika pulang kampung.

- Saat Neymar bermain untuk Barcelona, teman-teman dia diterbangkan ke Spanyol setiap dua bulan, untuk berlibur yang dibayar penuh oleh Barcelona. Kabarnya, ini adalah keuntungan umum yang relatif dimiliki para pemain top.

- Pemain legendaris Arsenal Dennis Bergkamp memang takut naik pesawat terbang. Bergkamp menuntut sebuah klausul di kontraknya yang memastikan dia tidak dipaksa terbang di laga-laga tandang.

- Neil Ruddock, bek yang pernah bermain untuk Crystal Palace, dilaporkan memiliki klausul pembatasan berat badan di kontraknya. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan lingkar pinggangnya.

- Ketika Rafael van der Vaart pindah ke Real Betis pada 2015, dilaporkan bahwa dia diperbolehkan untuk memakai warna sepatu bola apapun kecuali merah. Pasalnya merah melambangkan warna Sevilla, klub rival Betis. (rin/mrp)
FOKUS BERITA Bursa Transfer 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com