sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 12:36 WIB

Perburuan Tiket Piala Eropa 2020 Dimulai

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Kualifikasi Piala Eropa 2020 dimulai pekan ini. (Foto: Action Images via Reuters / Tony OBrien) Kualifikasi Piala Eropa 2020 dimulai pekan ini. (Foto: Action Images via Reuters / Tony O'Brien)
Jakarta - Sebanyak 55 negara akan memulai persaingan memburu tiket putaran final Piala Eropa 2020. Ada 24 tempat diperebutkan dan perburuan dimulai pekan ini.

Piala Eropa 2020 rencananya digelar pada 12 Juni-12 Juli tahun depan. Turnamen ini akan digelar di 12 kota dari 12 negara.




Tapi sebelum sampai ke sana, tim-tim akan memperebutkan tiket dari babak kualifikasi. Sebanyak 55 tim telah dibagi ke 10 grup, lima grup berisi lima tim dan lima grup lainnya berisi enam tim.

Empat semifinalis UEFA Nations League yakni Swiss, Portugal, Belanda, dan Inggris seperti diketahui berada di pot unggulan. Mereka mendapatkan keistimewaan menempati grup-grup yang berisi lima tim saja, dengan keuntungan melakoni pertandingan lebih sedikit.

Kualifikasi akan dibuka lewat pertandingan Kazakhstan vs Skotlandia pada Kamis (21/3/2019) malam WIB. Selanjutnya ada sembilan pertandingan berlangsung di malam yang sama, termasuk Belanda kontra Belarusia dan Belgia lawan Rusia.




Kualifikasi di jeda internasional tahap ini akan berjalan hingga lima hari berikutnya. Salah satu yang paling menarik adalah saat Belanda bertemu Jerman pada Senin (25/3) dinihari WIB.

Belanda dan Jerman tergabung di Grup C, bersama Irlandia Utara, Estonia, dan Belarusia. Persaingan keduanya akan memanaskan grup ini, juga kualifikasi secara keseluruhan.

Dari kualifikasi ini, 20 tim akan lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2020. Sementara itu, ada empat tempat tersisa yang akan diperebutkan lewat jalur play-off.




Nantinya 16 tim akan dibagi menjadi empat kelompok sesuai performa di UEFA Nations League. Masing-masing kelompok akan menjalani turnamen kecil untuk mendapatkan satu pemenang, hingga terkumpul total empat tim pemenang. (raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com