sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 15:58 WIB

Yang Spesial dari Piala Eropa 2020

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Piala Eropa 2020 akan digelar di 12 negara (Paolo Bruno/Getty Images) Piala Eropa 2020 akan digelar di 12 negara (Paolo Bruno/Getty Images)
Jakarta - Kualifikasi Piala Eropa 2020 jadi penanda dimulai perebutan tiket menuju kompetisi tersebut. Ada yang baru dari ajang terbesar di benua biru tersebut. Apa?

Setelah tiga tahun lalu memunculkan Portugal sebagai juara baru, Piala Eropa tak terasa akan bergulir lagi kurang lebih 15 bulan dari sekarang. Kualifikasi pun akan mulai digelar Kamis (21/3/2019) besok untuk mencari 24 tim peserta.

Format baru terkait jumlah peserta sudah dipakai UEFA sejak turnamen di Prancis tersebut. Nah, karena Piala Eropa akan genap berusia 60 tahun pada 2020, maka UEFA pun mengemas nya dengan cara yang spesial.




Untuk pertama kalinya, Piala Eropa tak hanya digelar di satu atau dua negara, melainkan di beberapa negara Eropa. Ada total 12 kota dari berbagai penjuru Eropa yang ditunjuk menjadi tuan rumah dari mulai fase grup hingga semifinal. Untuk semifinal dan final akan dihelat di London. Negara-negara tersebut sejak awal diminta mengajukan proposal untuk menjadi tuan rumah.

Untuk fase grup dan babak 16 besar, Brussels (Belgia), Kopenhagen (Denmark), Dublin (Republik Irlandia), Amsterdam (Belanda), Bukarest (Rumania), Glasgow (Skotlandia), dan Bilbao (Spanyol) berhasil memenangi lelang.

Selain itu ada juga laga fase grup yang dihelat di Saint Petersburg (Rusia), Roma (Italia), Munich (Jerman), dan Baku (Azerbaijan). Keempat kota itu juga dipercaya menggelar babak perempatfinal.

Tak cuma soal format turnamen yang baru, kualifikasi pun dijalankan dengan cara baru oleh UEFA. Selain lewat sistem kualifikasi seperti biasanya yang nantinya akan melahirkan 20 tim yang terdiri dari juara dan runner-up grup, UEFA juga akan mencari calon peserta Piala Eropa 2020 melalui UEFA Nations League.




UEFA Nations League adalah kompetisi antarnegara baru milik UEFA yang memiliki empat jenjang kompetisi, yaitu Liga A sebagai yang teratas, disusul Liga B, Liga C, dan Liga D. Setiap liga akan memiliki empat tim terbaik yang maju ke semifinal. Nantinya akan dihelat final untuk menentukan empat juara dari masing-masing liga dan mereka akan melengkapi kuota 24 tim di Piala Eropa.

Jika juara liga di UEFA Nations League sudah memastikan lolos dari kualifikasi Piala Eropa, maka jatah tersebut akan diberikan kepada runner-up dari tiap-tiap liga seterusnya.

Daftar tim yang lolos ke babak play-off Euro 2020 dari jalur UEFA Natios League.

Liga A: Swiss, Portugal, Belanda, Inggris
Liga B: Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Denmark, Swedia
Liga C: Skotlandia, Norwegia, Serbia, Finlandia
Liga D: Georgia, Makedonia, Kosovo, Belarusia




Undian fase playoff UEFA Nations League akan dihelat 22 November 2019 sebelum semifinal digelar 22-31 Maret 2020 serta final pada 29-31 Maret 2020.


(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com