sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 05:09 WIB

Kualifikasi Piala Eropa: Kroasia Menang Susah Payah

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Kroasia hanya menang tipis 2-1 atas tim lemah Azerbaijan di Kualifikasi Piala Eropa 2020. (Foto: Borut Zivulovic / Reuters) Kroasia hanya menang tipis 2-1 atas tim lemah Azerbaijan di Kualifikasi Piala Eropa 2020. (Foto: Borut Zivulovic / Reuters)
Zagreb - Finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, bekerja keras untuk mengalahkan Azerbaijan dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020. Kroasia mesti comeback sebelum menang 2-1.

Kroasia menjamu Azerbaijan di laga pertama Grup E yang dihelat di Stadion Maksimir, Jumat (22/3/2019) dinihari WIB. Meski menang, Kroasia tidak mengawali pertandingan dengan mudah.

Azerbaijan yang mengusung strategi defensif mengejutkan Kroasia. Di menit ke-19, Azerbaijan mencuri gol untuk memimpin 1-0.

Azerbaijan memaksimalkan kesalahan Kroasia usai kehilangan bola. Richard Almeyda mengirim operan mendatar kepada Ramil Sheydayev untuk digiring menuju kotak penalti. Sheydayev kemudian melepaskan tembakan lob kaki kanan yang sempat membentur mistar sebelum masuk ke gawang Kroasia.


Gol balasan Kroasia baru terlahir di penghujung turun minum. Borna Barisic membawa Kroasia menyamakan skor 1-1 di menit ke-44.

Ivan Perisic menyundul bola hasil sepak pojok yang diteruskan dengan sundulan Duje Caleta-Car dari mulut gawang. Bola bisa diblok tapi berhasil dicecar Barisic dengan sontekan dari jarak dekat.

Setelah restart, Azerbaijan sempat mengancam Kroasia saat embakan Dimitrij Nazarov melenceng ke sisi kanan gawang. Namun, setelahnya Kroasia lebih banyak mendominasi meski sulit menembus pertahanan lawan.


Kebuntuan Kroasia akhirnya terpecah di menit ke-79. Andrej Kramaric mencetak gol kedua Kroasia untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Dari bola rebound hasil tendangan yang diblok, Kramarij meneruskan dengan sepakan kaki kanan melengkung ke arah tiang jauh dari sisi kanan kotak penalti Azerbaijan.

Azerbaijan kemudian bermain lebih terbuka untuk mencari gol kedua. Beberapa ancaman diciptakan injury time, namun gagal membuahkan gol tambahan sehingga skor untuk keunggulan Kroasia tidak berubah sampai laga bubar.

Dengan kemenangan ini Kroasia menempati peringkat kedua klasemen sementara grup dengan tiga poin di bawah Slovakia. Azerbaijan di urutan empat tanpa poin.


Susunan Pemain

KROASIA: Kalinic, Vida, Caleta-Car, Barisic, Modric, Rakitic, Perisic, Kovacic, Brekalo, Kramaric, Petkovic (Rebic 69')

AZERBAIJAN: Agayev, Medvedev, Huseynov, Mammadov, Rahimov, Qarayev (Dadasov 88'), Almeyda (Mahmudov 73'), Israfilov, Nazarov (Abdullayev 58'), Sheydayev, Madatov


(rin/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com