sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 05:14 WIB

Kualifikasi Piala Eropa: Hazard Dua Gol, Belgia Bungkam Rusia 3-1

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Eden Hazard mencetak dua gol untuk membantu Belgia menang 3-1 atas Rusia dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 (Foto: Francois Lenoir/REUTERS) Eden Hazard mencetak dua gol untuk membantu Belgia menang 3-1 atas Rusia dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 (Foto: Francois Lenoir/REUTERS)
Brussels - Belgia memulai kiprah mereka di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan kemenangan atas Rusia. Eden Hazard mencetak dua gol untuk membantu Belgia menang 3-1.

Bermain sebagai tuan rumah di Stadion Roi Baudouin, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB, Belgia langung mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Baru dua menit laga berjalan, skuat Roberto Martinez itu sudah menebar ancaman.

Umpan Hazard mampu diteruskan oleh Michy Batshuayi yang melepas sepakan keras dari dalam kotak penalti. Namun bola masih mampu diamankan oleh Guilhereme.

Terus menekan, Belgia akhirnya membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-14 melalui Youri Tielemans. Tendangan jarak jauh pemain Leicester City ini menembus pojok kiri gawang Rusia dan mengubah skor menjadi 1-0.


Tim Beruang Merah yang tertinggal tak butuh waktu lama untuk membalas. Dua menit berselang, gol Denis Cheryshev mampu menyamakan kedudukan. Sepakan kaki kirinya di tepi kotak penalti tak mampu dihadang oleh Thibaut Courtois.

Skor 1-1 membuat jalannya laga menjadi menarik. Kedua tim saling bertukar serangan.

Sebelum babak pertama usai, Belgia mampu kembali unggul. Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah tusukan Hazard harus dihentikan Yuri Zhirkov.

Hazard sendiri yang maju sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Gol bintang Chelsea ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Di babak kedua, Belgia masih tampil dominan. Peluang mereka miliki di menit ke-64 kembali lewat upaya tendangan jarak jauh Tielemans. Namun kali ini sepakannya masih melebar.


Upaya Belgia untuk memperbesar keunggulan akhirnya terwujud dua menit jelang laga usai. Memanfaatkan bola liar kontrol Batshuayi yang tak sempurna, Hazard melepas sepakan mendatar yang tak mampu dibendung Guilherme.

Di sisa waktu yang ada tak ada gol tambahan yang diciptakan oleh kedua tim. Skor 3-1 untuk Belgia menutup jalannya laga.

Kemenangan ini membuat Belgia kini menempati peringkat ketiga di Grup I. Mereka kalah produktivitas gol dari Kazahktan dan Siprus meski sama-sama mengumpulkan poin tiga. Sementara Rusia tepat menempati posisi keempat.

Susuanan Pemain

Belgia: Courtois; Vertonghen, Alderweireld ,Boyata, Castagne; Dendoncker, Tielemans, Eden Hazard, Mertens, Thorgan Hazard (Chadli 84'), Batshuayi

Rusia: Guilherme; Kudryashov, Nababkin, Fernandes, Dzhikiya, Zhirkov; Cheryshev (Chalov 64'), Kuzyaev (Miranchuk 26'), Golovin, Akhmetov; Dzyuba (Smolov 77')

(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com