sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Mar 2019 09:45 WIB

Giroud Terus Mendapat Perlawanan

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Olivier Giroud kini topskorer ketiga sepanjang masa Timnas Prancis (REUTERS/Valentyn Ogirenko) Olivier Giroud kini topskorer ketiga sepanjang masa Timnas Prancis (REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Chisinau - Sebagus apapun Olivier Giroud tampil, kritik akan terus mendatanginya. Hal ini pun bikin pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps terheran-heran.

Sepertinya belum hilang dari ingatan ketika Deschamps dikritik habis karena terus memakai Giroud di Piala Dunia lalu sejak fase grup. Padahal penyerang 33 tahun itu tidak mencetak gol sama sekali selama 546 menit bermain di Rusia.

Tapi, Giroud tetap diapresiasi karena perannya sebagai "tembok pantul" untuk lini serang Prancis sehingga dengan mudahnya gol tercipta. Meski demikian, fans tetap tidak puas karena mereka butuh gol dari Giroud sebagai penyerang.




Kritik demi kritik terus mendatangi Giroud yang terus dipercaya Deschamps sampai saat ini, termasuk saat Prancis menghadapi Moldova di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu (23/3/2019) dinihari WIB tadi.

Melawat ke kandang Moldova di Stadianol Zimbru, Prancis menang dengan skor 4-1 di mana Giroud mencetak gol ketiga timnya pada menit ke-36 lewat sundulan yang merupakan senjata utamanya.

Bagi Giroud. itu adalah gol ke-34 untuk Prancis dan menjadikannya top skorer ketiga sepanjang masa timnas di bawah Thierry Henry (51) dan Michel Platini (41 gol). Giroud kini punya jumlah gol yang sama dengan David Trezeguet.

"Perlawanan terus meningkat dan memang seperti itu adanya. Dia memang jarang dipakai di klub tapi ketika dia main di Liga Europa, dia juga mencetak banyak gol," ujar Deschamps di Sportskeeda.




"Kehadirannya di lini serang sangat berguna untuk tim. Akan lebih baik ketika dia bikin gol," sambungnya.

"Total 34 gol itu angka yang penting, di mana dia terus mencetak gol. Dia baru saja kembali dari masa-masa sulit, dia pemain bagus yang diperlakukan tidak adil."

Setelah tanpa gol di Piala Dunia, Giroud setidaknya mulai membaik dengan torehan tiga gol sejak turnamen itu berakhir. Di Chelsea, Giroud yang melempem di Premier League justru tampil tajam di Liga Europa dengan delapan gol.

"Tapi golnya, sangat penting untuk menempatkan tim dalam posisi aman dan selama pertandingan, dia itu berperan penting:

"Selama saya memilihnya dan dia tetap bermain, dia bisa mendekati rekor Platini. Saya di sini bukan untuk membantunya. Ketika dia ada di lapangan, dia terus bikin gol. Dia selalu ada dengan semangat serta staminanya yang segar. Dia harus menjaga itu."


(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com