sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 25 Mar 2019 13:23 WIB

Kala Singa Oranye Kehilangan Taring

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Timnas Belanda bermain buruk di babak pertama sehingga kalah dari Jerman (Francois Lenoir/Reuters) Timnas Belanda bermain buruk di babak pertama sehingga kalah dari Jerman (Francois Lenoir/Reuters)
Amsterdam - Belanda harus menelan kekalahan kandang dari Jerman pada Kualifikasi Piala Eropa 2020. Tumpulnya lini serang Oranye jadi penyebabnya.

Menjamu Jerman di Johan Cruyff ArenA, Senin (25/3/2019) dinihari WIB, Belanda dalam kepercayaan diri tinggi menyusul serangkaian hasil bagus mereka selama 1,5 tahun terakhir ini.

Apalagi pada laga perdana di Grup C, Belanda kemarin menang telak 4-0 atas Belarusia. Sementara, Jerman tengah dalam masa transisi usai performa buruk sepanjang 2018.




Tapi, Jerman justru menggebrak di babak pertama lewat keinggulan 2-0 berkat gol-gol Serge Gnabry dan Leroy Sane. Belanda lantas bangkit di babak kedua dan menyamakan skor lewat Mathijs De Ligt serta Memphis Depay. Sebelum gol Nico Schulz di masa injury time membuat Belanda tertunduk lesu.

Kekalahan ini terasa menyakitkan mengingat Belanda tampil dominan dengan membuat 16 attempts, enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara, Jerman meski cuma membuat 11 attempts, mereka lebih optimal dengan tujuh on goal.

Belanda yang garang selama UEFA Nations League tak terlihat dan mereka pun kehilangan rekor bagus di kandang atas Jerman. Sebelum ini, Belanda tak pernah kalah dari Jerman pada laga kandang sejak 1996.




"Babak pertama tidak bagus. Kami tidak menekan mereka dengan baik dan mereka punya banyak ruang untuk menciptakan peluang," ujar De Ligt kepada NOS.

"Jerman punya banyak pemain bertalenta seperti Sane, Gnabry, Goretzka, dan Kroos. Mungkin kami terlalu takut menyerang Jerman. Pada babak kedua kami menunjukkan bahwa kami tim yang bagus, tapi semua sudah terlambat," sambungnya.

"Mentalitas orang Belanda itu selalu ingin mencetak gol. Anda bisa terus menekan atau bertahan, kami pilih yang pertama. Tapi, Anda harus tetap fokus dam kami kehilangan itu," demikian dia.


(mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed