sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 14:20 WIB

Copa America 2019: Brasil Tanpa Neymar, Rugi atau Untung?

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Brasil selalu menjadi juara saat menjadi tuan rumah Copa America. (Foto: Buda Mendes/Getty Images) Timnas Brasil selalu menjadi juara saat menjadi tuan rumah Copa America. (Foto: Buda Mendes/Getty Images)
FOKUS BERITA Copa America 2019
Jakarta - Brasil akan tanpa Neymar di Copa America 2019. Kerugian untuk Selecao atau malah jadi keuntungan?

Neymar mengalami cedera pergelangan kaki saat membela Brasil di laga uji coba melawan Qatar, Kamis (6/6/2019). Wajah pria 27 tahun itu berkerut kesakitan. Air mata membasahi wajahnya saat staf medis menuntun keluar lapangan.

Federasi sepakbola Brasil tidak membuang waktu untuk mengeluarkan pernyataan bahwa Neymar harus absen di Copa America. Slot pemain Paris Saint-Germain itu kini diisi oleh Willian.

Pelatih Brasil, Tite, kini harus menjalankan skema permainannya tanpa Neymar, yang sudah sering jadi andalan. Situasi ini bisa saja menjadi keuntungan untuk timnya.

Sebelum mengalami cedera, Neymar sedang menjadi sorotan karena tuduhan pemerkosaan. Pemain 27 tahun itu juga disebut-sebut tidak seharusnya dibawa ke timnas sebelum kasusnya jelas.


Neymar menangis saat cedera di laga melawan Qatar.Neymar menangis saat cedera di laga melawan Qatar. Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino

Menjelang pertandingan persahabatan melawan Qatar, Neymar sudah mengungkapkan lewat media sosial bahwa itu akan menjadi pertandingan yang sulit dalam kariernya. Pernyataan itu mengacu pada mentalnya yang diterpa isu pemerkosaan sejak 1 Juni.

Jika melihat dari gambaran tersebut, lapangan sepakbola jelas bukan satu-satunya tempat yang akan dipikirkan Neymar saat ini. Membawa jika tak mengalami cedera seolah akan menjadi perjudian.

Timnas Brasil kini bisa sedikit terhindar dari seputar pertanyaan terkait masalah pribadi Neymar selama turnamen berlangsung. Tite bisa lebih mudah menjaga fokus timnya dengan baik. Tentu, masih akan ada beberapa pertanyaan tentang Neymar - itulah sifat ketenarannya.


Tanpa Neymar, Brasil tampaknya tak akan berkurang kekuatannya di Copa America, meski sejak kekalahan dari Belgia pada Piala Dunia 2018, Brasil selalu menang bersama Neymar.

Tite bisa mengatasi ketiadaan Neymar saat menggasak Honduras 7-0 di laga uji coba terakhirnya. David Neres, yang merupakan bintang muda Ajax Amsterdam, bermain oke di posisi Neymar dan menyumbang satu gol.

Satu-satunya hasil buruk yang didapat Brasil tanpa kehadiran Neymar adalah saat Piala Dunia 2014. Kala itu mereka digilas 1-7 oleh Jerman tanpa diperkuat Neymar.

Meski Neymar absen, tidak ada alasan untuk Brasil gagal mencapai final di Copa America. Dalam sejarahnya, Selecao selalu menjadi juara Copa America ketika bertindak sebagai tuan rumah.

(ran/nds)
FOKUS BERITA Copa America 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed