sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 15:57 WIB

Sudah Oke di Liverpool, Van Dijk Dituntut Lebih Baik Lagi di Timnas Belanda

Redzi Arya Pratama - detikSport
Virgil van Dijk diminta tampil lebih baik lagi saat di Timnas Belanda (REUTERS/Rafael Marchante) Virgil van Dijk diminta tampil lebih baik lagi saat di Timnas Belanda (REUTERS/Rafael Marchante)
Sardinia - Virgil van Dijk melewati musim spesial bersama Liverpool. Tapi di Timnas Belanda, bek jangkung ini dituntut berbuat lebih baik lagi.

Van Dijk punya peran besar dalam sukses Liverpool menjuarai Liga Champions dan jadi penantang serius Manchester City dalam perebutan gelar Premier League. Dia membuat barisan belakang The Reds menjadi sangat kokoh.

Liverpool menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga Inggris dengan 22 gol. Menjadi pengesahan atas penampilannya di atas lapangan, pemain 27 tahun itu pun meraih gelar pemain terbaik PFA.



Meski sudah tampil begitu baik di level klub, Van Dijk dinilai tak menunjukkan penampilan yang sama di timnas. Dia diminta berkontribusi lebih besar lagi.

"Saya pikir dia bekerja sangat-sangat baik bersama Liverpool. Dia adalah potongan yang hilang selama ini," ujar mantan pemain Timnas Belanda, Ruud Gullit, pada acara golf di Costa Smeralda dilansir Sportskeeda.

"Tapi untuk tim nasional, saya rasa dia masih bisa lebih baik lagi. Tak hanya dia, tapi juga Matthijs de Ligt. Pasalnya dari 14 laga terakhir, Belanda selalu tertinggal 0-1 pada 10 pertandingan di antaranya. Jika memiliki pertahanan yang baik, Anda tak akan kebobolan gol-gol seperti itu," tambahnya.



Terkait persaingan memperebutkan Ballon d'Or, Gullit meyakini Van Dijk baru bisa memenangi gelar pemain terbaik jika mendapat bantuan signifikan dari rekan-rekannya di timnas.

"Tentu saja itu terkait juga dengan seluruh tim. Itu sesuatu yang harus dia perbaiki. Bukan hanya olehnya sendiri, tapi juga dibantu para bek, bahkan semua pemain, untuk menjadi pemain seperti itu (Ballon d'Or)," tutur legenda Belanda itu.

"Memang bek-bek sangat jarang dipilih. Baresi harusnya mendapatkan itu tapi dia tidak pernah memenanginya. Jadi akan menjadi sebuah prestasi besar baginya jika terpilih," lanjut dia. (din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com