sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 14:37 WIB

Qatar, Hidup-Mati Argentina dan Messi

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Argentina dan Lionel Messi di ujung tanduk terkait peluang lolos ke perempatfinal Copa America (Edgard Garrido/REUTERS) Argentina dan Lionel Messi di ujung tanduk terkait peluang lolos ke perempatfinal Copa America (Edgard Garrido/REUTERS)
FOKUS BERITA Copa America 2019
Jakarta - Argentina dalam posisi sulit untuk lolos dari fase grup. Bahkan kemenangan di partai terakhir belum tentu mengantarkan Tim Tango ke perempatfinal Copa America.

Argentina gagal menang lagi pada partai kedua mereka di Grup B Copa America 2019. Menghadapi Paraguay, Argentina bermain imbang 1-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu. Bahkan mereka nyaris kalah andaikan Franco Armani tak menepis penalti.

Dengan baru mengumpulkan satu poin dari dua laga, Argentina kini terdampar di posisi buncit dan dalam kondisi sulit terkait peluangnya lolos ke fase berikutnya. Qatar yang sama-sama baru punya satu poin bakal jadi lawan mereka di matchday terakhir 23 Juni.




Kemenangan atas Qatar memang jadi target Argentina jika ingin tetap memelihara peluang lolos, meski pada faktanya mereka masih bisa tersingkir. Sebab Argentina kini menggantungkan nasibnya juga pada tim dari grup untuk perebutan posisi kedua atau bahkan sekadar finis posisi ketiga.

Sebab selain tiga juara dan runner-up grup, Copa America juga meloloskan dua tim peringkat ketiga terbaik. Berikut hitung-hitungan peluang Argentina melaju ke perempatfinal Copa America.

1. Qatar Menang, Argentina Kalah

Ini tentu skenario yang paling dihindari oleh Argentina. Skenario ini akan mengantarkan Argentina ke pintu keluar dari turnamen dengan status tim juru kunci. Padahal mereka adalah kandidat kuat juara.

2. Kedua tim bermain imbang

Hasil ini juga tidak diinginkan oleh Argentina. Dengan hasil ini maka posisinya tidak berubah, Qatar tetap ada di posisi ketiga dan Argentina di posisi keempat.

3. Argentina Menang; Paraguay, Venezuela, Ekuador/Jepang Menang

Kemenangan atas Qatar hanya bisa memastikan Argentina tetap bersaing untuk bertahan di kompetisi. Meski nantinya menang, Argentina masih bisa tersingkir. Syaratnya adalah Paraguay, Venezuela, dan Ekuador/Jepang juga sama-sama menang. Argentina akan jadi tim peringkat ketiga dengan rekor terburuk.

4. Argentina menang, Paraguay, Venezuela, Ekuador/Jepang kalah.

Jika Paraguay kalah dari Kolombia di partai terakhir dan Argentina mengalahkan Qatar, maka mereka akan lolos sebagai runner-up grup. Jika Paraguay menang atas Kolombia dan Venezuela, Ekuador/Jepang kalah, Argentina akan lolos sebagai salah satu posisi ketiga terbaik.


(mrp/rin)
FOKUS BERITA Copa America 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed