sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 23 Jun 2019 15:52 WIB

Fernando Torres: Karierku Bukan Sekadar Trofi-Trofi Itu

Femi Diah - detikSport
Fernando Torres pamitan. (Kazuhiro NOGI / AFP)
Tokyo - Fernando Torres tak hanya akan mengenang karier sepakbola lewat trofi-trofi yang dikumpulkannya setelah resmi pensiun nanti. Dia memaknai pengalaman selama 18 tahun itu dengan cara berbeda.

Torres mengumumkan untuk undur diri dari sepakbola melalui akun Instagram miliknya pada Jumat (21/6/2019). Pemain yang tengah membela klub Jepang, Sagan Tosu, itu menggelar konferensi pers untuk menjelaskan alasan mundur dari kariernya dua hari kemudian, Minggu (23/6).

"Setelah melihat reaksi dunia, saya sangat bangga dengan segala yang saya raih sepanjang karier saya," kata Torres seperti dikutip Kyodo News.


"Kadang kala, pemain bola hanya berfokus kepada trofi. Saya juga melakukannya dulu. Saya ingin meraih trofi sebanyak-banyaknya sebisa mungkin... dan sekarang masa akhir itu tiba. Saya melihat ke belakang lagi dan penghargaan terbaik yang saya dapatkan adalah rasa hormat kepada orang lain," dia menambahkan.

Torres mengawali karier profesional bersama Atletico Madrid hingga kemudian pindah ke Premier League. Pertama, dia bergabung dengan Liverpool dan berlanjut ke Chelsea.

Sepanjang itu pula dia mengoleksi satu trofi juara Liga Europa pada 2017/2018 bersama Atletico Madrid dan pada musim 2012/2013 (bersama Chelsea), kemudian juara Liga Champions bersama Chelsea (musim 2011/2012), serta menjadi juara Dunia 2010 dan juara Piala Eropa (2008 dan 2012).

Saat ini, dia bermain di Liga Jepang untuk musim kedua. Dia akan memainkan laga terakhir pada 23 Agustus saat Tosu menghadapi Vissel Kobe.

(fem/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com