sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 08 Jul 2019 02:18 WIB

Inilah Kehebatan Megan Rapinoe, Donald Trump!

Yanu Arifin - detikSport
Kapten Timnas Putri AS, Megan Rapinoe. (Foto: Alex Grimm/Getty Images)
Lyon - Megan Rapinoe mengantar Timnas Putri Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Wanita 2019. Kapten tim AS itu sukses membuktikan siapa dirinya kepada Donald Trump.

AS menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019, usai menekuk Belanda 2-0 dalam final yang dihelat di Stade de Lyon, Prancis, Minggu (7/7/2019) malam WIB. Dua gol kemenangan AS dilesakkan Rapinoe dan Rose Lavelle.

Bagi Rapinoe, satu golnya tak sekadar mengantar AS menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019. Gol itu adalah pembuktian dirinya untuk Presiden AS, Donald Trump.




Jauh sebelum gelaran Piala Dunia Wanita tuntas, Rapinoe menegaskan tidak akan mendatangi Gedung Putih andai AS juara. Sebelumnya, sama seperti di Indonesia, Gedung Putih biasa memanggil tim olahraga AS yang berhasil menjuarai turnamen penting.

"Tidak, saya tidak akan ke gedung putih. Kami tidak akan diundang," ujar Rapinoe dengan Eight by Eight.

Sikap itu ditujukan Rapinoe karena memandang Trump bukan sosok yang pro kebebasan berekspresi, secara khusus terkait kesetaraan hak-hak LGBTQ di AS. Sementara Rapinoe adalah seorang gay, dan punya pandangan politik yang berseberangan dengan sang presiden.

Salah satunya, Rapinoe juga mendukung perlindungan warga kulit hitam di AS, kelompok yang mendapat perhatian minim di bawah rezim Trump. Hal itu yang mendasarinya enggan menginjakkan kakinya di Gedung Putih.




Trump langsung membalas komentar Rapinoe. Lewat Twitter, pria berusia 73 tahun itu meminta Rapinoe membuktikan dirinya lebih dulu sebelum berpendapat seperti itu.

"Megan harus menang lebih dulu sebelum berbicara, selesaikan saja dulu pekerjaanmu, kami bahkan belum mengundang tim. Sekarang, saya justru berniat mengundang mereka, baik menang atau kalah. Megan seharusnya tidak perlu membuat malu negara, Gedung Putih, atau bendera kami," tulis Trump.

Dan Rapinoe bisa membuktikan dirinya. Satu golnya ke gawang Belanda membuatnya sudah melesakkan enam gol sepanjang turnamen, plus 3 assist. Ia pun menggondol gelar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2019. Rapinoe juga menyabet gelar Golden Ball atau pemain terbaik turnamen. Dan yang terpenting, pemain Reign FC itu membawa AS menyabet gelar juara.

AS kini tercatat punya empat gelar juara Piala Dunia Wanita, setelah juara pada 1991, 1999, dan terakhir 2015. Gelar terakhir di Piala Dunia 2019, tentu saja, turut dipersembahkan oleh Rapinoe.

Simak Video "Donald Trump Resmi Larang TikTok di AS, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com