sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 08 Jul 2019 14:27 WIB

FIFA, Sudah Saatnya Hadiah Piala Dunia Wanita Setara Pria!

Femi Diah - detikSport
Foto: Alex Grimm/Getty Images
Paris - Megan Rapinoe memiliki pesan khusus kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino, usai mengantarkan Timnas Amerika Serikat menjadi juara Piala Dunia Wanita 2019. Dia menyampaikan tuntutan agar bayaran setara dengan pemain putra.

Timnas AS menyegel gelar juara Piala Dunia Wanita usai mengalahkan Belanda 2-0 di babak final, Senin (8/7/2019) dini hari WIB. Rapione membuka rekening gol Timnas AS lewat penalti di menit ke-61. Gol itu digandakan oleh Rose Lavelle.

Sebagai juara, Timnas AS wanita mendapatkan hadiah USD 4 juta atau setara dengan 56,5 miliar. Jumlah itu setara dengan uang yang dibawa pulang timnas Rusia dari Piala Dunia 2018 Rusia, yang tampil tanpa satupun kemenangan dan tersingkir di babak grup. Sementara itu, juara Piala Dunia 2018 diganjar hadiah USD 38 juta atau setara dengan Rp 540 miliar.


Jumlah total hadiah yang diperebutkan juga jomplang. Total hadiah Piala Dunia Wanita 2019 sebesar USD 30 juta atau setara dengan 423,9 miliar. Jumlah itu tak sampai sepersepuluh total hadiah Piala Dunia 2018, yakni mencapai USD 400 juta (setara dengan 5,65 triliun).

Sebelum Piala Dunia bergulir, pemain timnas wanita dari berbagai negara telah menuntut kesetaraan. Kini, pemain terbaik Piala Dunia Wanita 2019, Rapinoe, mengungkapkan tuntutan itu lagi, khususnya kepada Infantino dan Presiden Federasi Sepakbola AS (USFF) Carlos Cordeiro.

"Semua orang bertanya-tanya apalagi selanjutnya dan apa yang kami inginkan. Semuanya terhenti pada pembicaraan tentang hadiah yang sama dan kami layak menerimanya," kata Rapinoe seperti dikutip AS.

"Apa yang akan kami lakukan untuk itu? Gianni, apa yang akan kami lakukan untuk mewujudkannya? Carlos apa yang kita lakukan? Semuanya. Ini saat yang tepat untuk duduk bersama dan membahasnya," kata dia.


(fem/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com