sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 10 Jul 2019 09:27 WIB

Wasit Brasil vs Argentina yang Dikritik Messi dkk Buka Suara

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Laga Brasil vs Argentina di semifinal Copa America 2019 diselimuti kontroversi. (Foto: Juliana Flister/Getty Images) Laga Brasil vs Argentina di semifinal Copa America 2019 diselimuti kontroversi. (Foto: Juliana Flister/Getty Images)
Jakarta - Roddy Zambrano, wasit Copa America 2019 di laga Brasil vs Argentina, buka suara. Zambrano sebelumnya diserang Argentina karena dinilai menguntungkan Brasil.

Laga Brasil vs Argentina di babak semifinal Copa America 2019 diselimuti kontroversi. Dalam pertandingan yang dimenangi Selecao 2-0 itu Argentina mengklaim dirugikan sejumlah keputusan wasit.




Yang paling disoroti adalah dua insiden yang dirasa Argentina seharusnya berujung penalti untuk mereka. Yang pertama ketika, Nicolas Otamendi tersungkur usai mendapat tekel Arthur Melo dari situasi sepak pojok.

Setelah itu, Sergio Aguero tampak dijatuhkan Dani Alves di 10 menit terakhir. Lionel Messi dkk makin kesal karena wasit bahkan tak mengecek ulang kejadian lewat layar VAR.

Zambrano menyebut bahwa dia tak mendapatkan panggilan dari para pengawas VAR untuk mengecek ulang insiden. Yang menarik adalah, pernyataan ini kontradiktif dengan keterangan petugas VAR yang menyebut sudah meminta sang wasit untuk meninjau lewat layar.




"Otamendi juga datang untuk merebut bola, itu bukan sikutan dari Arthur. VAR melihatnya dan memutuskan itu adalah duel 50-50, mereka tidak memberi tahu saya untuk melihat kejadian itu (di layar), mereka tak mempertimbangkannya sebagai penalti jelas," ujar Zambrano.

"Dalam laporan hari Senin, saya bilang bahwa mereka seharusnya meminta saya untuk melihat layar," imbuh sang wasit seperti dikutip Marca.

Kekecewaan Argentina terhadap wasit-wasit yang bertugas di Copa America 2019 memuncak usai laga perebutan tempat ketiga dengan Chile. Saat itu Messi dikartu merah bersama Gary Medel, yang mana dua-duanya adalah kapten, karena sempat saling dorong satu sama lain.




Messi menolak menerima medali perunggu dan menuding Copa America 2019 penuh korupsi, menyebut Brasil sudah diatur untuk jadi juara. (raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com