sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 11:33 WIB

Mourinho Belajar Bahasa Jerman, Siap-siap ke Bundesliga?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Jose Mourinho pelajari bahasa Jerman. (Foto: Clive Rose / Getty Images) Jose Mourinho pelajari bahasa Jerman. (Foto: Clive Rose / Getty Images)
Jakarta - Jose Mourinho menganggur sejak dipecat Manchester United. Ia menghabiskan waktu dengan banyak kegiatan, salah satunya menambah perbendaharaan bahasa.

Mourinho dipecat MU pada Desember tahun lalu. Pria Portugal itu kemudian sempat dikaitkan dengan sejumlah klub, sebut saja Benfica, Newcastle United, Inter Milan, Paris Saint-Germain, hingga klub Liga China, Guangzhou Evergrande, tapi tak ada yang terealisasi.




Ia sendiri sebenarnya sudah gatal ingin melatih, tapi memilih menunggu klub dan proyek yang tepat. Maka mantan pelatih Porto, Inter Milan, Chelsea, dan Real Madrid itu pun kini menikmati waktu luangnya.

Baru-baru ini ia menyaksikan turnamen tenis Wimbledon, lalu menonton balapan Formula 1 di Silverstone. Tapi Mourinho juga tak melulu berwisata, melainkan juga memperbarui pengetahuannya terkait pekerjaan sebagai pelatih/manajer sepakbola.




Salah satu yang sedang dipelajarinya adalah bahasa Jerman. Ia saat ini sudah menguasai lima bahasa: Inggris, Spanyol, Portugal, Prancis, dan Italia, dan merasa butuh memperluas wawasan bahasa yang tentu memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan.

"Saya merindukan sepakbola. Adrenalinnya, lapangannya, pekerjaan saya. Sepakbola adalah sepakbola," ujar Mourinho kepada Gazzetta dello Sport.




"Sekarang saya sedang belajar bahasa Jerman. Saya dulu tak tahu bahasa ini. Saya bisa berbicara dalam bahasa Inggris, Spanyol, Portugal, Prancis, dan Italia. Saya tak mengesampingkan apapun, bahkan termasuk bahasa Jerman," imbuhnya.



Tonton juga video Lewandowski 'Raja' Striker Asing Bundesliga:

[Gambas:Video 20detik]


Mourinho Belajar Bahasa Jerman, Siap-siap ke Bundesliga?
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com