sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 12:34 WIB

Pep Guardiola Pelatih Terbaik di Karier Arjen Robben

Lucas Aditya - detikSport
Arjen Robben menyebut Josep Guardiola manajer terbaik di sepanjang kariernya sebagai pesepakbola. (Foto: Andreas Gebert/Reuters)
Jakarta - Arjen Robben pernah dilatih banyak pelatih top semasa kariernya sebagai pesepakbola. Dia menyebut Pep Guardiola yang terbaik.

Robben memutuskan gantung sepatu pada musim panas 2019. Dia pensiun setelah 19 tahun berkarier di lapangan hijau.

Ada lima klub yang pernah dibela oleh Robben. Karier profesional diawali di Groningen, lalu berpetualang ke PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munich.

Deretan pelatih top pernah bekerja sama dengan Robben. Louis van Gaal, Jose Mourinho, Jupp Heynckes, Carlo Ancelotti, hingga Guardiola deretan pelatih itu.

Kesuksesan terbesar diraih bersama Heynckes, saat berhasil membawa Bayern Munich meraih treble pada musim 2012/2013.

Meski demikian, Robben malah memilih Guardiola menjadi yang terbaik. Padahal, Bayern gagal diantarkan mengulang kesuksesan di Eropa. Bersama Guardiola, Bayern memenangi tujuh trofi, tiga di antaranya gelar juara Liga Jeman.




Robben mengungkapkan alasan dirinya begitu menikmati masa-masa dilatih Guardiola. Kejelian Guardiola menentukan posisi pemain menjadi dasar utamanya.

"Tentu saja itu sulit, saya sudah melihat banyak hal baik bersama banyak pelatih dan kami meraih banyak kesuksesan," kata Robben di Sport.

"Tapi, kalau anda bertanya siapa yang terbaik, saya akan bilang Pep Guardiola. Saya paling enjoy bersama dia. Saat Pep datang, saya sudah 30 tahun."

"Anda hanya harus tetap konstan dan tak bertambah buruk. Tapi, di bawah asuhannya saya bermain lebih baik lagi."

"Sejak saya tiba-tiba bermain di posisi yang berbeda, di mana sekali pun saya tak pernah berpikir untuk bermain di posisi itu. Dia yang terbaik," dia menambahkan.



Simak Video "Bayern Munich Sukses Pecundangi Wolfsburg 4-0"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com