sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 24 Sep 2019 07:25 WIB

Izinkan Lawan Cetak Gol, Bielsa dan Leeds Raih FIFA Fair Play Award 2019

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Halaman 1 dari 2
Marcelo Bielsa dan Leeds United diganjar penghargaan FIFA Fair Play Award 2019 (Foto: Matthew Lewis/Getty Images) Marcelo Bielsa dan Leeds United diganjar penghargaan FIFA Fair Play Award 2019 (Foto: Matthew Lewis/Getty Images)
Milan - Leeds United dan manajer mereka, Marcelo Bielsa, meraih FIFA Fair Play Award 2019 karena membiarkan lawan mereka, Aston Villa, mencetak gol. Kok bisa?

Leeds dan Bielsa memenangi FIFA Fair Play Award dalam seremoni yang digelar di Teatro Alla Scala, Milan, Selasa (24/9/2019) dini hari WIB. Bielsa terpilih setelah menginstruksikan timnya untuk membiarkan Aston Villa mencetak gol saat kedua tim bertemu dalam pertandingan Divisi Championship di Elland Road, 28 April 2019.

Pada laga tersebut, Leeds sempat unggul terlebih dahulu di menit ke-72 lewat Mateusz Klich. Namun proses terjadinya gol tersebut dinilai kontroversial.


Seorang pemain Villa, Jonathan Kodjia, sedang tergeletak di lapangan karena cedera. Pemain Villa pun menghentikan permainan dan membuang bola. Namun Mateusz Klich tetap melanjutkan permainan hingga akhirnya bikin gol untuk Leeds.

Sadar timnya seharusnya menghentikan laga, Bielsa akhirnya menyuruh anak-anak asuhnya untuk membiarkan lawan menyamakan kedudukan. Pada akhirnya winger Villa, Abert Adomah, dibiarkan untuk berlari dan mencetak gol ke gawang Leeds pada menit ke-77.

Pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Hasil itu berakibat fatal untuk Leeds karena menutup peluang mereka untuk merebut tiket promosi langsung ke Premier League.

(nds/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com