sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 16:01 WIB

Sensasi Famalicao: Klub Promosi Liga Portugal yang Kangkangi Porto dan Benfica

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Famalicao, klub promosi yang memuncaki klasemen Liga Portugal dan belum terkalahkan setelah 7 pekan (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Jakarta - Famalicao menjadi sensasi baru di Liga Portugal. Berstatus tim promosi, mereka mampu memuncaki klasemen liga dan belum terkalahkan. Mengangkangi Benfica dan Porto di urutan dua dan tiga.

Bila menyebut klub asal Portugal, maka yang terpikir di benak pecinta sepakbola adalah Benfica, Porto, atau Sporting Lisbon. Tim-tim tersebut memang menjadi langganan juara di tanah Portugis, hingga mampu bersaing di Liga Champions.

Meski demikian, dominasi klub-klub raksasa Portugal tersebut di kompetisi liga tengah mendapatkan tantangan baru. Sebuah tim promosi bernama Famalicao sukses mencuri perhatian dengan performa impresif mereka di awal musim 2019/2020.

Tidak tanggung-tanggung, Famalicao kini tengah memuncaki klasemen sementara Liga Primer Portugal dengan raihan 19 poin dari 7 pertandingan. Skuat asuhan Joao Pedro Sousa itu mampu menang enam kali dan baru sekali imbang tanpa satu kali pun mengalami kekalahan. Sudah 16 gol mereka lesakkan sejauh ini.



Padahal, di musim ini Famalicao tidak membeli pemain-pemain bintang. Mereka hanya mampu untuk meminjam sembilan pemain muda dari berbagai klub dengan harga yang murah.

Agen pemain,Jose Mendes, disebut menjadi aktor kesuksesan Famalicao musim ini. Pria berusia 53 tahun itu yang merekomendasikan para pemain muda berkualitas agar dapat bergabung bersama tim tersebut.

Meski tampil dengan skuat yang tidak mewah, Famalicao mampu mempecundangi Sporting Lisbon saat melakoni partai tandang pada pekan keenam liga. Menghadapi mantan klub Cristiano Ronaldo itu, Famalicao unggul 2-1.

Pada pertandingan liga selanjutnya, Famalicao akan bertandang ke raksasa Portugal lainnya, FC Porto (28/10/2019). Menarik untuk disimak apakah sang 'Daud' di Liga Portugal itu mampu mengalahkan 'Goliat' yang sudah mengoleksi dua gelar trofi Liga Champions tersebut, serta melanjutkan catatan luar biasa mereka hingga ke tangga juara.

Famalicao berdiri pada 21 Agustus 1931 dan berbasis di Kota Vila Nova de Famalicao, sisi utara Portugal. Klub dengan julukan Famalicences itu bermarkas di Stadion Municipal de Famalicao yang hanya berkapasitas lima ribu penonton saja.

Simak Video "Perkuat Pertahanan, Manchester United Datangkan Alex Telles"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com