sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 01:03 WIB

Belarusia Vs Belanda: Wijnaldum Dua Gol, De Oranje Menang Tipis

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Timnas Belanda menang 2-1 di kandang Belarusia (REUTERS/Vasily Fedosenko) Timnas Belanda menang 2-1 di kandang Belarusia (REUTERS/Vasily Fedosenko)
Minks - Timnas Belanda lagi-lagi harus susah payah meraih tiga poin. Menghadapi Belarusia, De Oranje menang 2-1 lewat sepasang gol Gini Wijnaldum.

Setelah mengalahkan Irlandia Utara 2-1 lewat gol di masa injury time beberapa hari lalu, Belanda melanjutkan kiprahnya di Kualifikasi Piala Eropa 2020 menghadapi Belarusia di Stadyen Dynama, Minggu (13/10/2019) malam WIB.

Belanda bermain agresif sejak menit pertama dan terus memberikan tekanan kepada Belarusia. Tapi, beberapa kali upaya mereka sulit menembus ketatnya barisan belakang tuan rumah.

Peluang bersih pertama di laga ini justru hadir dari pemain Belarusia, Denis Laptev, yang mendapat bola umpan silang rekannya di kotak penalti Belanda. Kemelut terjadi dan Laptev menyepak bola dari jarak dekat, namun melayang di atas mistar.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-31 ketika Gini Wijnaldum mencetak gol di laga ini. Dari sisi kanan Belanda membangun serangan dan Quincy Promes mengirim umpan silang yang ditanduk Wijnaldum di antara dua bek Belarusia, dan menjebol jala Aleksandr Gutor.

Usai gol itu, Belanda makin bernafsu menambah keunggulannya. Pada menit ke-36, Doneyl Malen menguasai bola di tengah kotak penalti tapi memilih mengoper ke sisi kanan dan Joel Veltman yang melakukan overlap menyepak bola itu, tapi bisa ditepis Gutor.

Wijnaldum! Gelandang Liverpool itu mencatatkan namanya lagi di papan skor pada menit ke-41. Wijnaldum mendapat bola umpan Steven Bergwijn dan begitu menemukan ruang tembak di depan kotak penalti, dia melepaskan bola sepakan yang bersarang di pojok atas gawang Belarusia.

Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga turun minum.






Masuk di babak kedua, Belarusia coba ambil inisiatif serangan untuk mencetak gol. Baru sembilan detik laga berjalan, Laptev mengoper kepada Stasevich tapi sepakannya melebar.

Tekanan Belarusia berbuah hasil pada menit ke-53 ketika umpan lambung Denis Polyakov gagal diantisipasi Virgil van Dijk dan Stanislav Dragun yang lolos mampu menanduknya ke jala Jasper Cillessen.

Gol itu membuat Belarusia makin bernafsu membuat serangan demi serangan demi menyamakan skor. Tapi, Van Dijk dan Matthijs de Ligt di babak kedua bermain lebih tenang sehingga sulit ditembus.

Peluang terbaik Belanda menambah gol hadir di menit ke-79, namun sepakan Malen dari jarak dekat meneruskan umpan Wijnaldum bisa ditepis Gutor. Hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk kemenangan tim tamu bertahan.

Alhasil, pasukan Ronald Koeman itu kukuh di puncak klasemen Grup C dengan 15 poin dari enam laga, unggul tiga poin atas Jerman yang baru bermain beberapa saat lagi dan Irlandia Utara di posisi kedua dengan enam laga. Belanda hanya butuh satu poin bulan depan untuk lolos ke putaran final.






Susunan pemain

Belarusia: Aleksandr Gutor; Oleg Veretilo, Aleksandr Martynovich, Nikita Naumov, Denis Polyakov; Yevgeny Yablonsky; Yuri Kovalev (Skavysh 60'), Stanislav Dragun, Igor Stasevich, Ivan Bakhar (Ngome 70'); Denis Laptev (Shevchenko 85')

Belanda: Jasper Cillessen; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Donny van de Beek (De Roon 67'), Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong; Steven Bergwijn (Babel 90'), Donyell Malen, Quincy Promes (Luuk de Jong 67').


Belarusia Vs Belanda: Wijnaldum Dua Gol, De Oranje Menang Tipis


Simak Video "Ini 4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com