sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 09:40 WIB

Di Sofia, Inggris Melawan Bulgaria dan Fans-nya yang Rasialis

Putra Rusdi K - detikSport
Gareth Soutgate memuji sikap pemain Inggris saat menghadapi tindakan rasialisme fans Bulgaria (Foto: Reuters/Carl Recine) Gareth Soutgate memuji sikap pemain Inggris saat menghadapi tindakan rasialisme fans Bulgaria (Foto: Reuters/Carl Recine)
Sofia - Inggris memenangi dua pertempuran di Sofia. Selain mengalahkan Bulgaria, Tim Tiga Singa mampu mengatasi ejekan berbau rasialiasme dari fans tuan rumah.

Inggris berhasil mengalahkan Bulgaria 6-0 dalam pertandingan Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Vasil Levski, Sofia, Selasa (15/10/2019). Setengah lusin gol Inggris diciptakan oleh Ross Barkley dan Raheem Sterling yang masing-masing mengemas dua gol, serta Marcus Rashford dan Harry Kane.

Laga di Ibu Kota Bulgaria tersebut terbilang berat untuk Inggris secara psikologis. Ini terjadi karena sepanjang 90 menit banyak ejekan rasial kepada anak asuhan Gareth Southgate.






Jalannya pertandingan bahkan sempat tertunda dua kali karena fans tuan rumah terus melakukan tindakan tak terpuji tersebut. Pemain debutan Inggris, Tyrone Mings, awalnya yang menjadi sasaran utama tindakan pelecehan rasial. Kemudian, Raheem Sterling juga mengalami hal serupa.

Southgate memuji sikap kesatria yang ditunjukkan skuat Inggris saat menghadapi ejekan rasial fans tuan rumah. Pelatih Inggris ini bangga timnya memilih untuk tetap melanjutkan pertandingan. Bahkan di tengah tekanan, Inggris mampu menikmati laga dan mengeluarkan penampilan terbaik mereka.

"Saya tidak mengira situasi ini pernah terjadi sebelumnya di sepakbola. Bagi saya, hal yang besar untuk disoroti adalah sikap para pemain kami," tutur Southgate dikutip dari Reuters.

"Kami memiliki pemain yang telah melalui sesuatu yang seharusnya tidak mereka alami. Namun mereka benar-benar mampu mengatasinya dengan senyum di wajah karena mereka penampilan apik mereka," sambungnya,

"Mereka tak sekadar ingin menunjukan sepakbola kami namun juga menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Saya pikir cara kami mengatasinya sesuai dengan aturan yang berlaku. Kami mengikutinya dengan sangat efektif."





Simak Video "The Three Lions Bantai Bulgaria 6-0 Tanpa Ampun"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com