sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 02:12 WIB

Arsene Wenger Gabung FIFA sebagai Kepala Pengembangan Sepakbola Global

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Arsene Wenger gabung FIFA sebagai kepala pengembangan sepakbola global. (Foto: Franck Fife / AFP) Arsene Wenger gabung FIFA sebagai kepala pengembangan sepakbola global. (Foto: Franck Fife / AFP)
Jakarta - Arsene Wenger kembali ke dunia sepakbola setelah menganggur sejak 2018 lalu. Pria Prancis itu gabung FIFA sebagai kepala pengembangan sepakbola global.

Wenger sebelumnya menganggur setelah pisah jalan dengan Arsenal pada akhir musim 2017/2018. Ia sempat dikaitkan dengan sejumlah klub.


Yang teranyar, pelatih 70 tahun itu dihubungkan dengan Bayern Munich. Bayern menang sedang tak punya pelatih selepas memecat Niko Kovac.

Tapi alih-alih berita gabung Bayern, Wenger justru mengumumkan gabung FIFA. Ia mengisi jabatan kepala pengembangan sepakbola global menggantikan Marco van Basten yang bekerja sampai Oktober 2018 silam.

Dia akan memantau panel pembuat aturan sepakbola yang dikenal sebagai IFAB, juga program-program kepelatihan dan analisis teknis pada turnamen-turnamen FIFA.


"Saya sungguh sangat menantikan tantangan yang luar biasa penting ini, bukan cuma karena saya sudah selalu tertarik menganalisis sepakbola dari perspektif yang lebih luas, tapi juga karena misi FIFA sebagai badan pengatur sepakbola benar-benar global," ujar Wenger seperti dikutip Sky Sports.

"Saya yakin bahwa FIFA yang baru, yang kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, memiliki olahraga itu sendiri di jantung target-targetnya dan bertekad mengembangkan permainan ini di banyak komponen berbeda. Saya tahu saya bisa berkontribusi untuk target ini dan akan mengerahkan seluruh energi ke sini," tandasnya.



Simak Video "Kagetnya Wenger Saat Koscielny Berseteru dengan Arsenal"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com