sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 20 Nov 2019 05:06 WIB

Hat-trick Wijnaldum Antar Belanda Hancurkan Estonia 5-0

Adhi Prasetya - detikSport
Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Amsterdam - Belanda menutup Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan melumat Estonia 5-0. Georginio Wijnaldum membuat hat-trick di laga tersebut.

Tampil di Johan Cruijff Arena pada matchday terakhir Grup C, Rabu (20/11) dini hari WIB, skuad asuhan Ronald Koeman tampil cemerlang. Wijnaldum menjadi bintang dengan hat-tricknya di menit ke-6, 66, dan 78. Dua gol Belanda lainnya dicetak Nathan Ake (19') dan Myron Boadu (87').

Hasil ini tak mengubah posisi Belanda di peringkat kedua Grup C dengan raihan 19 poin, setelah Jerman menang telak 6-1 atas Irlandia Utara di saat bersamaan. Kedua negara sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Jalannya pertandingan

Tim Oranye menurunkan sebagian besar pemain lapis kedua mereka di laga ini, mengingat mereka sudah memastikan lolos ke Piala Eropa 2020.

Meski begitu, Belanda tetap tampil ngotot. Gol cepat pun didapat di menit ke-6, setelah Wijnaldum bisa meneruskan umpan silang Quincy Promes dengan sundulan. Bolanya tak mmapu diantisipasi kiper Estonia, Sergei Lepmets.

Sepuluh menit kemudian, keunggulan Belanda bertambah menjadi 2-0. Berawal dari situasi sepak pojok, Memphis Depay memberikan umpan yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Nathan Ake. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.
Pada babak kedua, dominasi Belanda tetap tak berubah. Namun baru pada menit ke-66 mereka berhasil mencetak gol ketiga. Usai merebut bola dari kaki Karol Mets di di depan kotak penalti Estonia, Calvin Stengs memberikan umpan pada Wijnaldum, yang dengan tenang melepaskan tendangan yang sukses menjebol gawang Estonia.

Pada menit ke-78, Wijnaldum mencetak gol ketiganya di laga ini, lagi-lagi usai menerima umpan dari Stengs.

Pesta gol Belanda ditutup pada menit ke-87. Umpan terobosan Kevin Strootman berhasil diselesaikan dengan Myron Boadu dengan satu tembakan terukurnya.

Hingga laga usai, skor 5-0 untuk Belanda tetap tak berubah.


Susunan pemain

Belanda: Jasper Cillessen, Quincy Promes, Matthijs De Ligt, Nathan Ake, Patrick Van Aanholt, Davy Propper, Georginio Wijnaldum, Frenkie De Jong (Kevin Strootman 75'), Memphis Depay (Myron Boadu 46'), Luuk De Jong (Wout Weghorst 63'), Calvin Stengs.

Estonia: Sergei Lepmets, Ken Kallaste, Karol Mets, Joonas Tamm, Taijo Teniste (Nikita Baranov 61'), Ilja Antonov, Mihkel Ainsalu, Henrik Ojamaa (Mattias Kaeit 83'), Konstantin Vassiljev, Sergei Zenjov (Frank Liivak 76'), Erik Sorga.

Simak Video "Ini 4 Tim yang Lolos ke Piala Eropa 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com