sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 23:28 WIB

Raih Ballon d'Or, Messi Cuman Unggul Tipis dari Van Dijk

Bayu Baskoro - detikSport
Lionel Messi memenangi Ballon dOr 2019 (FRANCK FIFE / AFP) Lionel Messi memenangi Ballon d'Or 2019 (FRANCK FIFE / AFP)
FOKUS BERITA Ballon d'Or 2019
Paris - Lionel Messi memang berhasil menyabet Ballon d'Or 2019. Tapi, Messi cuma unggul tipis, tujuh suara, dari rival terdekatnya, Virgil van Dijk.

Malam penganugerahan Ballon d'Or berlangsung di Paris, Selasa (3/12/2019) dini hari WIB. 176 jurnalis dari seluruh dunia telah berpartisipasi memberikan suara untuk memilih pemain yang layak meraih trofi Bola Emas.

Sebelum malam penganugerahan, para jurnalis tersebut diwajibkan memilih tiga besar nama 30 kandidat pemenang. Lima angka diberikan kepada pemain nomor satu, tiga poin untuk yang kedua, serta satu untuk pemain nomor tiga.

Hasil pemilihan tersebut memunculkan nama Messi menjadi pemain dengan jumlah poin terbanyak. Kapten Barcelona itu total meraup 686 poin.






Pemain berusia 32 tahun itu unggul tujuh angka dari Van Dijk yang mendapatkan 679 poin di posisi kedua. Sementara tempat ketiga diduduki Cristiano Ronaldo yang memperoleh 476 poin.

Berdasarkan laporan Evening Standard, Messi banyak meraih poin tertinggi dari jurnalis-jurnalis asal Afrika, Oseania, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sementara pemilih Eropa dan Asia lebih memfavoritkan Van Dijk.

Mengutip Bleacher Report, jarak tujuh poin yang memisahkan Messi dan Van Dijk menjadi selisih angka paling tipis dalam perebutan ajang Ballon d'Or abad ini. Secara presentase, La Pulga meraih 24,4 persen suara, sedangkan bek Liverpool tersebut memperoleh 24,1 persen atau hanya berjarak 0,3 persen.

Dengan penghargaan ini, Messi total sudah meraup enam trofi Ballon d'Or sepanjang kariernya. Sebelumnya, pemain asal Argentina itu telah meraih gelar yang sama pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.








Simak Video "Merasa Minder, Mbappe Dukung Messi Raih Ballon d'Or"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/mrp)
FOKUS BERITA Ballon d'Or 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com