sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 06 Jan 2020 13:10 WIB

Iran dan AS Memanas, Piala Dunia 2022 di Qatar Terancam?

Yanu Arifin - detikSport
Konflik antara Iran dan AS dikhawatirkan mengganggu gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. (Foto: Reuters)
Jakarta - Kawasan Timur Tengah memanas menyusul konflik yang terjadi antara Iran dan Amerika Serikat. Imbasnya, Piala Dunia 2022 di Qatar terancam.

Timur Tengah memanas usai jendral Iran, Qasem Soleimani, dibunuh drone AS di kawasan Baghdad, Irak. Peristiwa itu membuat tensi kedua negara langsung meningkat tinggi.

Konflik itu bahkan disebut-sebut berpotensi menghadirkan Perang Dunia III. Imbasnya, gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar pun terancam.


Dilansir The Sun, Qatar merupakan satu-satunya sekutu Iran di Timur Tengah. Sikap itu yang membuat Qatar juga dimusuhi negara-negara Arab, termasuk memblokade penerbangan ke sana, sebab dianggap menjadi negara pro terorisme.

Kini, hubungan memanas Iran dan AS dikhawatirkan menambah besar masalah antarnegara di Timur Tengah. FIFA sendiri sejak lama berharap agar blokade penerbangan negara-negara Arab ke Qatar bisa setop.

Sejauh ini, dampak nyata dari konflik Iran-AS pada sepakbola adalah batalnya Timnas AS menggelar pemusatan latihan di Qatar. Padahal rencananya, Christian Pulisic dkk menggelar latihan di sana bulan ini.

FIFA sendiri enggan mengomentari situasi ini. Salah satu pejabat seniornya, mengaku FIFA tidak akan berbicara soal masalah ini dengan Piala Dunia akan digelar tiga tahun lagi, yakni pada November 2022.``


Iran dan AS Memanas, Piala Dunia 2022 di Qatar Terancam?


Simak Video "Jenderal Garda Revolusi Tewas Akibat Serangan Udara AS, Iran Marah!"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com