sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 16 Jan 2020 23:33 WIB

Cristiano Ronaldo dan Barcelona Kuasai Dunia Digital China

Yanu Arifin - detikSport
Cristiano Ronaldo menjadi pesepakbola paling populer di China. (Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Shanghai - Cristiano Ronaldo dan Barcelona menguasai dunia digital China. Keduanya adalah pemain dan klub paling populer di Negeri Tirai Bambu.

Dilansir CNN, Red Card Report tahun kesembilan agensi olahraga Mailman merilis, Ronaldo menjadi pemain paling populer di platform digital China. Kendati keterlibatan digital China turun 15% ketimbang tahun lalu, penyerang Juventus tersebut tetap punya banyak pengikut di Weibo, bahkan terus bertambah.


Ronaldo menguasai semua metrik performa digital yang menjadi penilaiannya. Pemain berusia 34 tahun itu menyisihkan Neymar di tempat kedua, dan Lionel Messi yang berada di posisi tiga. Popularitas Neymar sendiri meroket sejak gabung dengan aplikasi Tik Tok pada Januari 2019.

"Saya sangat bangga dengan penghargaan ini. Saya tahu, saya punya peran besar untuk fans di China, dan itu banyak berpengaruh pada keberhasilan menempati peringkat teratas untuk dua tahun beruntun," kata Ronaldo dalam pernyataannya.


Adapun untuk klub, Barcelona yang paling populer. Juara bertahan Liga Spanyol itu naik lima peringkat, menyalip Real Madrid, yang berada di posisi kedua. Chelsea secara mengejutkan bisa berada di peringkat ketiga, mengungguli Manchester City dan Manchester United. Menariknya, MU masih menjadi tim dengan pengikut terbanyak di Weibo.

Sementara untuk kompetisi sepakbola paling populer, Premier League menjadi penguasanya. Liga Inggris mengungguli LaLiga Spanyol dan Bundesliga Jerman di dunia maya China.

Simak Video "Ini Patung Coklat Ronaldo di Swiss"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com