sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 09:45 WIB

Apa Ini Gol-gol Tercantik berkat Bantuan Angin?

Kris Fathoni W - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 04:  Adam Bogdan of Bolton Wanderers is unable to stop Tim Howard of Everton scoring the opening goal during the Barclays Premier League match between Everton and Bolton Wanderers at Goodison Park on January 4, 2012 in Liverpool, England.  (Photo by Alex Livesey/Getty Images) Gol Tim Howard ke gawang sesama kiper, berkat bantuan angin. (Foto: Alex Livesey/Getty Images)
Jakarta -

Angin bisa berdampak besar ke pertandingan olahraga. Di sepakbola, gol-gol pun bisa lahir akibat angin. Tanya saja ke Roberto Carlos, misalnya.

Kenapa Roberto Carlos? Bukan apa-apa, salah satu gol cantik yang pernah ia cetak, dan dijuluki 'tendangan pisang', tidak lepas dari peran serta hembusan angin.

"Arah bolanya benar-benar melebar, tapi angin membawanya kembali menuju gawang. Itu sebuah keajaiban," kata Roberto Carlos kepada L'Equipe mengenai gol itu.

Sekadar mengingatkan, berikut cuplikan 'tendangan pisang' Roberto Carlos yang dicetaknya ke gawang Prancis dalam sebuah situasi tendangan bebas buat timnas Brasil di laga tahun 1997 itu.

[Gambas:Youtube]

Selain Roberto Carlos, angin pernah pula jadi sekutu Asmir Begovic yang seorang kiper. Medio tahun 2013 di laga Stoke City vs Southampton, tendangan Begovic di area gawangnya sendiri meluncur deras ke arah gawang tim tamu yang dikawal oleh Artur Boruc dan kemudian jadi gol!

Baca juga: Tentang Gol Asmir Begovic ke Gawang Sesama Kiper di Detik ke-12

Saat itu Begovic tidak sungkan mengakui dirinya sangat diuntungkan oleh angin. Sesama kiper, ia pun bersimpati kepada Boruc yang gawangnya jebol dari sebuah tembakan berjarak sekitar 89 meter -- pada saat laga baru berjalan 12 detik.

[Gambas:Youtube]

Ada pula Tim Howard, kiper lain yang pernah dibantu angin dalam menjebol gawang tim lawan. Hal itu terjadi di tahun 2012, ketika Howard mencatatkan nama di papan skor buat Everton lewat golnya ke gawang Bolton Wanderers.

Hembusan angin kencang di dalam stadion tampaknya ikut mendorong bola sepakan Howard untuk mengelabui kiper Adam Bogdan dan kemudian menjadi gol. Howard sendiri enggan merayakan gol itu karena bersimpati dengan koleganya di kubu lawan.

Baca juga: Alasan Tim Howard Tak Rayakan Golnya

[Gambas:Youtube]

Tak selamanya angin menguntungkan pihak yang menyepak si kulit bundar. Tahu bumerang yang saat dilempar dengan tepat akan berbalik sendiri? Nah, ada kalanya bola pun jadi demikian.

Merujuk ke informasi di ESPN.co.uk, hal itu dialami kiper Assaf Mendes di laga uji coba Maccabi Haifa vs Dynamo Kiev. Di tengah hembusan angin kencang sekitar stadion, yang dapat terlihat dari cuplikan video di bawah, situasinya bagaikan di buku komik.

[Gambas:Youtube]

Bola yang disepak Assaf di area gawangnya sendiri melambung ke udara, tidak ke arah depan tapi justru balik lagi ke arah penendang. Usai memantul, dan tak kuasa diantisipasi, si kulit bundar pun masuk ke gawang. Gol bunuh diri atas nama kiper atau angin?

Hal serupa pernah dialami Kamarl Duncan dalam laga Thurrock vs Romford medio 2015. Pemain bertahan itu juga "dipermalukan" angin dan gol bunuh dirinya jadi viral: bola sepakannya di dekat garis tengah lapangan malah berbalik dan menjebol gawang tim sendiri!

[Gambas:Youtube]

"Awalnya cukup memalukan dan teman-teman setimku banyak yang meledek. Tapi jujur, aku bisa melihat sisi kocaknya. (Walaupun) saat itu tidak lucu sama sekali," katanya kepada BBC Essex.

"Saat aku menendang, aku melihat bola di udara dan berpikir 'wow, bolanya balik lagi' jadi aku pun berusaha mundur karena tak tahu penyerang (lawan) ada di mana. Lalu aku melihat bola memantul dan menduga 'bakal ditangkap kiper' tapi kemudian bola malah masuk dan itu amat mengejutkan," tutur Kamarl.



Simak Video "Gol Bunuh Diri di Piala Dunia 2018 yang Bikin Tersenyum"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com