sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 11 Feb 2020 18:06 WIB

Pele: 'Sang Raja' Kini Terpuruk dalam Depresi

Bayu Baskoro - detikSport
Pele Depresi Pele tak bisa berjalan dengan normal yang membuatnya jatuh depresi (Foto: Photo by NELSON ALMEIDA / AFP)
Jakarta -

Legenda timnas Brasil, Pele, didera depresi lantaran kondisi kesehatannya saat ini. Peraih tiga medali emas Piala Dunia itu tak bisa berjalan dengan lancar.

Kondisi kesehatan Pele belakangan ini cukup memburuk. Mengutip The Guardian, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento ini mengalami masalah pada pinggulnya, yang membuatnya tak mampu berjalan tanpa kursi roda.

Kesulitan dalam hal mobilitas itu membuat eks pemain Santos tersebut kini lebih banyak mengurung diri di rumahnya. Tak hanya itu, Pele juga disebut tidak mendapatkan perawatan yang memadai soal masalah pinggulnya.

Ketidakmampuan legenda berjuluk 'Sang Raja' itu untuk berjalan normal bahkan menyebabkan Pele tertekan, hingga membuatnya terpuruk dalam depresi. Hal tersebut diakui oleh putra Pele, Edson 'Edinho' Cholbi Nascimento.

"Dia sangat rapuh. Dia memiliki masalah pinggul dan tak memiliki perawatan yang memadai atau ideal," kata Edinho kepada TV Globo, dikutip dari The Guardian.

"Kondisinya saat ini membuatnya bermasalah dengan mobilitasnya dan itu telah memicu semacam depresi. Bayangkan, sang raja, dia sosok yang mengesankan dan hari ini dia tak bisa berjalan dengan baik," Edinho menambahkan.

"Dia malu. Dia tidak ingin keluar, terlihat, atau melakukan apa pun yang membuatnya meninggalkan rumah. Dia menjadi tertutup," ujar Edinho.

Memburuknya kondisi Pele saat ini juga tak lepas dari faktor usia yang kini sudah menginjak 79 tahun. Pada 23 Oktober mendatang, salah satu pesepakbola terbesar sepanjang sejarah itu genap berusia 80 tahun.



Simak Video "Chiellini Kagumi Kecerdikan Suarez dari Gigitannya "
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com