sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 24 Feb 2020 13:53 WIB

Messi Vs Ronaldo: Tokcer Mana Usai Beda Liga?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
MADRID, SPAIN - DECEMBER 23:  Cristiano Ronaldo of Real Madrid greets Lionel Messi of Barcelona prior to the La Liga match between Real Madrid and Barcelona at Estadio Santiago Bernabeu on December 23, 2017 in Madrid, Spain.  (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi setelah tak lagi bareng di LaLiga, lebih tajam mana? (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)
Jakarta -

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu bersaing sengit di LaLiga. Dua musim setelah tak satu kompetisi lagi, siapa lebih tajam? Berikut statistiknya.

Ronaldo sudah meninggalkan Real Madrid sejak musim panas 2018 setelah sembilan tahun berada di sana. Adanya Ronaldo di LaLiga makin memanaskan persaingan Madrid dan Barcelona.

Setelah tak lagi berada di satu kompetisi yang sama, publik tentu penasaran sebenarnya lebih tajam mana antara Messi atau Ronaldo. Karena selama ini keduanya kerap bergantian menguasai daftar pemain terbaik dunia serta top scorer LaLiga.

Squawka mencatat sejak musim 2018/2019, Messi telah membuat 54 gol dari 54 pertandingan LaLiga, termasuk terakhir saat membuat empat gol ke gawang Eibar akhir pekan kemarin.



Kaki kiri masih jadi senjata utama Messi dengan 49 gol dibuat dari sana, sisa lima gol dibuat dari kaki kanan. Belum ada gol yang dihasilkan pemain Barcelona itu dari kepalanya selama hampir dua tahun ini.

Dari 54 gol itu, 10 di antaranya dibuat dari tendangan bebas dan enam dari penalti. Ada 37 gol dibuat dari dalam kotak penalti dan 17 di luar kotak penalti. Lalu, bagaimana dengan statistik Ronaldo?

Ronaldo memang tak setajam Messi karena maklum saja, dia bermain di Serie A yang terbilang baru untuknya. Tapi, total 42 gol dari 52 laga di Serie A sudah terbilang bagus untuk pemain yang berusia 35 tahun itu.

Rinciannya adalah 28 gol dari kaki kanan, delapan dari kaki kiri, dan enam dari sundulan. Hanya satu gol dibuat Ronaldo dari luar kotak penalti, sementara 41 gol di dalam kotak penalti. Itulah yang yang membuat Ronaldo dijuluki Predator Ulung di kotak penalti.

Belum ada satu pun gol dibuat Ronaldo dari free kick yang harusnya jadi senjata andalan. Ada 12 gol dihasilkan striker Juventus itu dari titik putih.

Messi baru saja memecahkan rekor hat-trick Ronaldo di level klub, yakni 48 berbanding 47. Jika di LaLiga, Ronaldo punya 34 hat-trick sementara Messi punya 36.



Simak Video "Bukan Ronaldo-Messi, Mbappe Jadi Pemain Paling Berharga"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com