sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 25 Feb 2020 20:40 WIB

Kisah-kisah Unik Saat Lapangan Sepakbola Tergenang dan Kebanjiran

Kris Fathoni W - detikSport
CARLISLE, UNITED KINGDOM - DECEMBER 09:  The pitch at Carlisle Football Club is still partly submerged after flooding created by Storm Desmond on December 9, 2015 in Carlisle, United Kingdom. Contractors and utilities workers are now working towards getting people back in their homes as forecasters predict another 12 hours of rain, although the effects will not be as severe as last weekend.  (Photo by Christopher Furlong/Getty Images) Stadion Brunton Park markas Carlisle United saat kebanjiran tahun 2015. (Foto: Getty Images/Christopher Furlong)
Jakarta -

Perkara cuaca lazim jadi kendala di olahraga, khususnya sepakbola. Saat lapangan sepakbola kebanjiran atau sarat genangan, sejumlah kisah unik kadang terjadi.

Di tengah kabar adanya klub sepakbola Inggris yang stadionnya kebanjiran sampai membuat kiper legendaris Peter Shilton urun membantu, gangguan air sejatinya memang tak asing di sepakbola.

Guyuran hujan lebat, apalagi saat imbas dari adanya badai, tidak jarang memunculkan situasi lapangan bermain yang sampai tergenang dan bahkan kebanjiran, sebagaimana dalam kisah-kisah rangkuman berikut ini.

Dilansir talkSPORT, sebuah laga di Liga MX Meksiko antara Monterrey lawan Club Tijuana medio September 2018 tetap dilangsungkan walaupun lapangannya sudah sarat genangan air.

Nah, dalam kemenangan 3-0 untuk tuan rumah Monterrey itu, kondisi lapangan memberi tantangan tambahan buat kedua kesebelasan. Gol terakhir di dalam pertandingan ini bahkan lahir akibat genangan air seperti dapat dilihat dalam video berikut:




Sebuah kisah lain terjadi di tahun 2013 dalam partai liga di Kazakhstan, sebagaimana diwartakan Metro.co.uk. Tim-tim yang tidak diketahui identitasnya ini tampak sedang terlibat dalam sebuah skenario sepak pojok.

Yang mencuri perhatian adalah air yang merendam sepatu pemain sampai posisi pergelangan kaki, bola yang terlihat tidak menyentuh permukaan lapangan sepenuhnya, dan keberadaan mobil jenis truk di tepi lapangan.

The Guardian menyebut, mobil itu memang sengaja disiagakan demi menyedot air yang menggenangi permukaan lapangan. Tapi keputusan wasit untuk meneruskan pertandingan dengan kondisi itu pun menjadi sorotan tersendiri.

[Gambas:Youtube]




Medio Januari tahun 2005, lapangan stadion klub Inggris Carlisle United mengalami kebanjiran. Nah, lucunya adalah ditemukan sepasang ikan mas koki hidup yang nyasar masuk ke lapangan!

Diberitakan BBC, kedua ikan mas koki itu didapati berenang di sekitaran hadapan salah satu gawang. Salah satunya, yang dinamai Judy, ternyata merupakan hewan peliharaan dari rumah warga yang berada di sekitar stadion. Identitas ikan kedua tidak diketahui.

Pada prosesnya, kedua ikan itu dipelihara oleh pihak klub -- dengan pemilik Judy pun sudah menghibahkan ikan tersebut untuk "diadopsi" jadi maskot Carlisle United.

"Sejumlah suporter sudah datang dan melihat ikan mas tersebut dan bilang kalau keduanya melambangkan semangat juang dari klub ini," kata Emma Story, yang menemukan ikan mas itu sekaligus putri dari pemilik klub.

Sebagai informasi, Brunton Park yang jadi markas Carlisle United sudah beberapa kali jadi korban banjir. Terakhir, klub itu dilanda kebanjiran pada tahun 2015 akibat Badai Desmond.



Simak Video "Ponaryo Sebut Pesepakbola Tanah Air Sudah Kangen Merumput Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com