sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 02:00 WIB

Sepakbola Bersatu Melawan Virus Corona

Yanu Arifin - detikSport
ZURICH, SWITZERLAND - OCTOBER 13: A FIFA logo next to the entrance during part I of the FIFA Council Meeting 2016 at the FIFA headquarters on October 13, 2016 in Zurich, Switzerland. (Photo by Philipp Schmidli/Getty Images) FIFA menyerukan sepakbola bersatu untuk sama-sama melawan virus corona. (Foto: Philipp Schmidli/Getty Images)
Zurich -

Penyebaran virus corona menjadi musuh bersama manusia saat ini. Sepakbola pun diharapkan bisa bersatu untuk turut melawannya bersama-sama.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), ada sebanyak 116 negara terjangkit virus corona. Ada kasus sebanyak 166.799 kasus, dan 6.599 korban jiwa berjatuhan.

Situasi itu membuat banyak negara memberlakukan lockdown. Warga negaranya pun juga diharapkan bisa menerapkan social distance atau menjaga jarak agar penularan virus bisa mereda.

Sepakbola, sebagai salah satu aktivitas paling digemari di dunia, turut menerapkannya. Liga-liga sepakbola, yang menyedot banyak penonton, ditunda sementara agar virus tak menyebar.

"Kami harus melakukan segala upaya kami untuk melindungi para penggemar, pemain, pelatih, dan semua orang yang terlibat dalam permainan kami yang indah," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam surat resminya ke tiap konfederasi sepakbola.

"Yang paling penting, otoritas sepakbola harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus ke komunitas yang lebih luas. Komunitas sepakbola dunia telah menunjukkan rasa solidaritas dan persatuan dalam menghadapi ancaman ini," jelasnya.

Sejauh ini, gelaran Piala Eropa 2020 sampai terancam ditunda, selain liga-liga top Eropa yang sudah menghentikan kompetisinya. FIFA menegaskan, bahwa sepakbola saat ini lebih mementingkan kesehatan umat manusia

"Pertama-tama, kesehatan dan solidaritas olahraga harus menjadi prinsip utama yang memandu pengambilan keputusan pada saat yang penting ini. Saya yakin, seluruh komunitas sepakbola akan hidup sesuai dengan nilai-nilai besar olahraga kami," jelasnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com