sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 25 Mar 2020 14:38 WIB

Ada Beckenbauer, Ronaldo, dan Messi, Pele: Aku yang Terbaik

Yanu Arifin - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 22:  Pele poses in front of Russell Young - Bicycle Kick as he launches Art, Life, Football at Halcyon Gallery on September 22, 2015 in London, England. (Photo by Mary Turner/Getty Images for Halcyon Gallery) Foto: Mary Turner/Getty Images for Halcyon Gallery
Sao Paulo -

Sepanjang sejarah, banyak pesepakbola top dari era Franz Beckenbauer, hingga Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, Pele menahbiskan dirinya yang terbaik.

Saat ini, di abad ke-21, Ronaldo dan Messi disebut-sebut menjadi pesepakbola terbaik. Keduanya mendominasi gelar, baik di level klub dan pribadi, dalam sedekade terakhir.

Messi saat ini sudah memenangkan 6 Ballon d'Or, terbanyak ketimbang siapapun. Sementara Ronaldo mengoleksi 5 Ballon d'Or, namun lebih unggul dari segi statistik (gol). Ronaldo total sudah mencetak 725 gol sepanjang kariernya, dari klub hingga Timnas Portugal. Sementara Messi baru membuat 697 gol.

Konsistensi Ronaldo, yang kini sudah menginjak usia 35 tahun, diakui Pele sebagai yang terbaik. Namun ia mengingatkan, bahwa keduanya bukanlah striker murni.

"Hari ini, pemain terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo. Aku pikir dia yang terbaik, karena dia lebih konsisten, tetapi Anda tidak bisa melupakan [Lionel] Messi, tentu saja, tetapi dia bukanlah striker," kata Pele, dalam channel Youtube Pilhado.

Pele menambahkan, ada banyak pemain top selain Ronaldo dan Messi. Ia pun membeberkan banyak nama, termasuk dirinya--yang disebut paling hebat. Pele sendiri mengantar Brasil memenangkan Piala Dunia sebanyak tiga kali.

"Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab. Kami tidak bisa melupakan Zico, Ronaldinho, dan Ronaldo. Dan di Eropa, ada Franz Beckenbauer dan Johan Cruyff," ungkapnya.

"Sekarang, ini bukan salahku, tapi kurasa Pele lebih baik dari mereka semua," jelas pria yang kini sudah berusia 79 tahun itu.



Simak Video "Messi-Ronaldo Berduka Atas Kepergian Maradona"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com