sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 30 Mar 2020 13:07 WIB

'Harus Diakui, Messi Memang Lebih Oke Ketimbang Maradona'

Bayu Baskoro - detikSport
Soccer Football - World Cup - Group D - Nigeria vs Argentina - Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Russia - June 26, 2018   General view of a banner of Argentinas Lionel Messi and Diego Maradona displayed in the stadium before the match    REUTERS/Jorge Silva Lionel Messi dianggap pemain yang lebih konsisten ketimbang Diego Maradona (Foto: REUTERS/Jorge Silva)
Jakarta -

Lionel Messi tak hanya dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo saja, tetapi juga dengan Diego Maradona. Meski begitu, La Pulga dinilai tetap lebih baik dari D10S.

Sejak awal kemunculannya pada musim 2004/2005, Messi sudah digadang-gadang bakal menjadi 'The Next Maradona'. Selain sama-sama berasal dari Argentina, keduanya juga sesama pemain kidal yang mampu menampilkan aksi magis di lapangan.

Walau begitu, beberapa penggemar Maradona tetap mengklaim jika Messi tak bisa dianggap lebih baik ketimbang legenda Napoli itu. Apalagi, La Pulga hanya bermain di satu klub, yakni Barcelona, sementara El Pibe de Oro sudah pernah mencicipi juara di tiga negara.

Selain itu, Maradona juga berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 1986 dan sukses mengangkat Napoli dari klub semenjana menjadi kampiun Italia. Sementara Messi belum pernah memberikan trofi internasional kepada negaranya, berbanding terbalik dengan koleksi gelar yang banyak ia persembahkan buat Barcelona.

Meski demikian, pendapat itu turut disanggah berkaitan dengan konsistensi. Menurut mantan pemain Italia, Antonio Cassano, Messi jauh lebih konsisten menampilkan permainan terbaiknya dibandingkan Maradona.

Bagi eks pemain Real Madrid itu, Maradona hanya bisa menampilkan permainan terbaiknya selama 4-5 tahun saja. Ada pun Messi diakuinya terus konsisten menjaga performanya sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

"Maradona melakukan sesuatu yang tak pernah dilihat sebelumnya selama 4-5 tahun, tetapi Messi melakukan hal yang sama juga dalam 15 tahun ini," kata Cassano kepada Corriere dello Sport.

"Dia mencetak 710 gol dan membuat 300 assist. Ketika dia bermain, timnya itu sudah unggul duluan 1-0," Cassano menambahkan.

"Para penggemar Maradona harus mengakui hal tersebut. Masih ada, loh, pemain lain yang lebih hebat dibandingkan dirinya," demikian kata Cassano.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com