sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Apr 2020 17:30 WIB

Jika Terlahir Kembali, Victor Valdes Enggan Jadi Kiper

Kris Fathoni W - detikSport
MIDDLESBROUGH, ENGLAND - MARCH 11:  Victor Valdes of Middlesbrough looks on while warming up prior to The Emirates FA Cup Quarter-Final match between Middlesbrough and Manchester City at Riverside Stadium on March 11, 2017 in Middlesbrough, England.  (Photo by Ian MacNicol/Getty Images) Jika Terlahir Kembali, Victor Valdes Enggan Jadi Kiper. (Foto: Ian MacNicol/Getty Images)
Barcelona -

Sebagai kiper, Victor Valdes dikenal lihai dan punya segudang prestasi. Tapi di balik itu Valdes rupanya tidak nyaman dengan peran di bawah mistar gawang.

Dalam karier bermainnya, Valdes ngetop bersama Barcelona. Pada periode ini pula dirinya menjuarai sejumlah ajang termasuk di antaranya meraih enam titel LaLiga dan tiga trofi Liga Champions.

Di saat itu pula Valdes mapan sebagai penggawa tim nasional Spanyol. Pria 38 tahun itu masuk ke dalam skuat La Furia Roja yang menjuarai Piala Dunia 2010 dan kemudian Piala Eropa 2012.

Cedera ligamen bikin karier Valdes, yang juga sempat berseragam Manchester United dan Middlesbrough, tidak lagi semenjulang sebelumnya dan perlahan-lahan redup. Setelah itu karier melatihnya di Camp Nou pun cuma berjalan tiga bulan.

Entah apa masa-masa redup itu sudah berpengaruh pada sosok Valdes kini, mengingat ia mengaku enggan jadi kiper jika dapat terlahir kembali. Di sisi lain, kutipan pernyataannya berikut ini juga mengindikasikan kerendahan hati Valdes.

"Jika aku terlahir kembali, aku takkan jadi kiper," kata Valdes seperti dilansir Marca.

"Itu bukanlah jalan yang mudah dan tidak memberiku ganjaran yang cukup atas penderitaan bertahun-tahun. Ada hari-hari di mana aku enggan berada di sana. Aku bermain karena mereka meyakinkanku semasa masih muda dan aku menerima jalan tersebut."

"Aku tak suka ketenaran. Aku tidak nyaman ketika mereka memberiku sanjungan yang teramat tinggi, apalagi karena itu bukanlah semata kontribusi diriku; sepakbola adalah sebuah permainan tim," tuturnya.



Simak Video "Cerita Valdes yang Belikan Sepatu untuk Bocah Ajaib Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com