sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mei 2020 12:35 WIB

Gara-gara Virus Corona, Ronaldo Bukan Lagi Atlet Terkaya Dunia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
MADRID, SPAIN - DECEMBER 23:  Cristiano Ronaldo of Real Madrid greets Lionel Messi of Barcelona prior to the La Liga match between Real Madrid and Barcelona at Estadio Santiago Bernabeu on December 23, 2017 in Madrid, Spain.  (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Pandemi virus corona membuat Ronaldo dan Messi bukan lagi atlet terkaya dunia (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)
New York -

Cristiano Ronaldo bukan lagi atlet terkaya dunia dan harus digeser Roger Federer. Pandemi virus corona sudah menggerus pendapatan Ronaldo tahun ini.

Dalam daftar terbaru atlet terkaya yang dikeluarkan Forbes, Jumat (29/5/2020), Ronaldo cuma ada di posisi kedua dengan 105 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,54 triliun.

Sementara, Lionel Messi duduk di posisi ketiga dengan 104 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,527 triliun. Federer justru jadi atlet dengan pendapatan terbesar selama setahun yakni 106,3 juta dolar AS (Rp 1,56 triliun).

Fakta yang cukup mengejutkan mengingat Ronaldo dan Messi selalu bergantian menguasai daftar tersebut. Meski demikian, hal tersebut sudah diprediksi karena teror COVID-19 yang membuat perekonomian terganggu.

Gara-gara pandemi itu, liga-liga sepakbola di seluruh dunia terhenti sehingga klub-klub tidak punya pemasukan sehingga harus memotong gaji pemainnya. Ronaldo dan Messi masuk dalam daftar tersebut.



Ronaldo bahkan jadi pemain Juventus paling besar pemotongan gajinya sekitar 9,1 juta euro, sehingga cuma mendapat 21 juta euro dari seharusnya 30 juta euro per musimnya.

Sementara, Messi terhitung paling besar karena dipotong sekitar 70 persen dari total gajinya yang mencapai 40 juta euro. Klubnya Barcelona memang sangat terdampak COVID-19 karena punya tagihan gaji pemain yang tinggi.

"Pandemi virus corona sudah membuat gaji pesepakbola top seperti Messi dan Ronaldo dipotong, sehingga petenis top bisa jadi atlet terkaya dunia untuk pertama kalinya," ujar editor senior Forbes Kurt Badenhausen seperti dikuti Sky Sports.

"Roger Federer adalah figur sempurna untuk sebuah perusahaan, sehingga petenis hebat sepertinya bisa mendapat endorsement sekitar 100 juta dolar AS per tahun," sambungnya.



Simak Video "Bukan Ronaldo-Messi, Mbappe Jadi Pemain Paling Berharga"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com